Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari, Ganjar: Kita Itu Kecil, Jangan Kemaki

Gubernur Ganjar Pranowo saat menyaksikan gerhana matahari 2016
Sumber :
  • Dwi Royanto

VIVA.co.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyaksikan proses terjadinya gerhana Matahari di observatorium Pondok Pesantren Assalam, Solo, Rabu, 9 Maret 2016. Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengagetkan para pengunjung yang sejak pagi tiba di observatorium.

Gerhana Matahari, Ini Tanggapan Donny Alamsyah
 
Pantauan VIVA.co.id, Ganjar tiba di observatorium yang terletak di lantai 6 bangunan kompleks Pondok Pesantren Assalam sekitar pukul 06.45 WIB. Ganjar yang datang mengenakan kostum olahraga langsung disambut oleh pengasuh Club Astronomi Santri Assalam (CASA) AR Sugeng Riyadi.
Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?
 
Untuk melihat proses terjadinya fenomena alam tersebut, Ganjar langsung dipersilakan masuk ke ruang dom observatorium. Di dom tersebut terdapat teleskop vixen yang merupakan teleskop digital untuk melihat proses gerhana Matahari terjadi.
Langka, Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia Laris Manis
 
Ganjar bersama pengasuh CASA langsung naik tangga menuju teleskop vixen. Ia pun terlihat menikmati proses pergerakan terjadinya gerhana melalui teleskop digital tersebut. 
 
Kemudian, setelah puas melihat melalui teleskop, Ganjar pun langsung keluar dari ruang dom. Kehadiran Ganjar pun langsung disambut meriah oleh warga yang telah berkumpul di anjungan observatorium. 
 
Setelah puas melihat dengan teleskop, ia pun kembali mencoba melihat gerhana Matahari dengan menggunakan kacamata khusus seperti yang dikenakan pengunjung. Ganjar pun langsung berbaur dengan pengunjung lainnya.
 

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar berpesan bahwa fenomena alam ini menunjukkan besarnya kekuasaan Sang Pencipta. Manusia hanya makhluk kecil di hadapan-Nya.

"Hikmah spritualnya, manusia cuma kecil jadi, jangan kemaki," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya