Superhero di Solo Peduli Gerhana Matahari

Superhero di Solo bagikan pamflet terkait gerhana matahari, Senin 7 Maret 2016.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Fenomena gerhana matahari di Indonesia semakin dekat. Berbagai upaya sosialisasi untuk menikmati peristiwa alam ini pun gencar dilakukan masyarakat. 

Masjid Istiqlal Gelar Salat Gerhana Matahari Hari Ini, Mulai Pukul 10.00 WIB

Di Solo, Jawa Tengah, warga Solo Baru menggunakan kostum tokoh superhero untuk menyampaikan informasi mengenai gerhana matahari dan cara aman melihatnya. 

Sejumlah tokoh superhero dari berbagai belahan dunia terlibat sosialisasi ini, di antaranya Superman, Batman dan Sailormoon. Tak hanya itu, tokoh pewayangan Gatotkaca pun ikut turun ke jalan membagikan pamflet berisi panduan melihat gerhana matahari secara aman, dan cara melakukan salat gerhana.

Gerhana Matahari Cincin Tak Terlihat di RI, Sunahkah Salat Kusuf?

Aksi nyentrik tokoh mereka menjadi perhatian masyarakat pengguna jalan yang melintas di kawasan persimpangan Solo Baru. Mereka terkesan dengan aksi superhero yang biasanya hanya bisa dilihat lewat layar kaca.

Koordinator aksi, Bagus Widanarko, mengatakan kegiatan ini merupakan aksi spontan dari sejumlah elemen masyarakat untuk ikut mensosialisasikan peristiwa langka gerhana matahari yang juga bisa dilihat di Solo, Rabu, 9 Maret 2016 mendatang.

Gerhana Matahari Cincin Sambut Hari Lahir Jokowi

Namun, daerah ini tidak masuk jalur totalitas gerhana, sehingga kemungkinan hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian.

"Walaupun di Solo tidak gerhana matahari total dan hanya gerhana matahari sebagian tetapi kita tetap ingin menyuarakan tata cara melihat gerhana dengan aman," kata Bagus di persimpangan Solo Baru.

Dia sengaja menggunakan kostum tokoh superheo agar menarik perhatian warga. Mereka membagikannya saat warna merah di lampu lalu lintas menyala, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan raya.

"Para tokoh superhero itu membagikan pamflet, leaflet dan stiker yang berisi informasi gerhana matahari serta tata cara melakukan salat gerhana matahari. Mereka membagikannya ketika lampu sedang menyala merah," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya