Profil Pengguna Narkoba Makin Muda, Mulai Usia 3 Tahun

Mensos Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA.co.id – Narkoba masih menjadi masalah serius yang harus menjadi perhatian prioritas pemerintah. Oleh karena itu Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan rehabilitasi terhadap 15 ribu pecandu narkoba. Pasalnya angka pengguna narkotika dianggap semakin muda.

Modus Penyamaran Baru Penyelundupan Narkoba

"Ada anak 3 tahun, kami cek ternyata dikasih (lem) dari kakaknya yang umur 9 tahun. Kan kami enggak bisa kasih kesimpulan apakah kakaknya memberi ini karena inisiatif dia atau ada yang menyuruh," kata Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 4 Maret 2016.

Khofifah menilai, fenomena penggunaan narkotika saat ini makin memprihatinkan. Menurutnya kalangan pengguna yang usianya sudah kian muda bisa diketahui dari jumlah yang berada di panti-panti rehabilitasi. Khofifah sendiri mengatakan menyaksikan hal tersebut.
 
Kementerian Sosial memiliki data bahwa  70 persen anak jalanan menjadi korban narkotika, zat adiktif dan psikotropika (napza). Dan yang biasanya digunakan adalah lem.

Para Bupati di Yogyakarta Dukung Tes Urine Kepala Daerah

"Sekarang anak jalanan yang terdata di Kemensos ada 18 ribu. Dari ini potensial menjadi (pengguna) napza khususnya lem 70%," kata Khofifah lagi.

Sementara target rehabilitasi terhadap 15 ribu pecandu diperkirakan masih bisa bertambah sesuai dengan anggaran yang bisa dialokasikan dari APBN Perubahan untuk program ini.

Sanksi untuk Kepala Daerah Pemadat Harus Lebih Berat
Ilustrasi/Tes Urine

Dandim 1408 Makassar Tertangkap Pesta Sabu di Hotel

Ia ditangkap bersama Kapuspodal di sebuah hotel di Makassar.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2016