Ternyata, Gempa Mentawai Terasa Sampai Jakarta

BNPB gelar konferensi pers.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa gempa di Samudera Hindia, Rabu, 2 Maret 2016 malam, terasa sampai ke Jakarta. Saat itu, ia mengaku berada di lantai 8 Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur.

Gempa 5,8 SR Guncang Mentawai, Sebagian Warga Berhamburan Keluar Rumah

"Berasa goncangannya, dan kemudian baru mendapat informasi ada gempa bumi di 628 barat daya Mentawai," kata Sutopo dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 3 Maret 2016.

Gempa berkekuatan 7,8 SR semalam berada di luar wilayah subduksi dan berada di wilayah outer risk earthquake serta sesarnya terjadi sesar geser. Sehingga tsunami yang timbul semalam tidak besar.

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Mentawai, Getarannya hingga Bukittinggi

"Tentu kalau terjadi betul-betul di Mentawai megathrust itu potensi tsunaminya besar dibandingkan dengan sumber di luar subduksi di sekitar Mentawai," ujarnya.

Sutopo menambahkan, sampai saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) seluruh wilayah di pantai barat Sumatera, usai gempa berkekuatan 7,8 SR tersebut. Mulai dari Mentawai, Nias, Simeulue.

Mentawai Diguncang Gempa Magnitudo 5,0, Dipicu Aktivitas Sesar

"Kami dapat laporan tidak ada korban jiwa, tidak ada kerusakan. Tsunami besar juga tidak terjadi di wilayah-wilayah tersebut," tuturnya. (one)

Ilustrasi gempa Mentawai.

Diguncang Gempa Magnitudo 5.8, Warga Padang Berhamburan Keluar Rumah

Pusat gempa berada 3 kilometer Tenggara, Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dirasakan kuat getarannya di Kota Padang

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2021