BPPT: Gempa Mentawai Mirip Gempa Aceh 2012

Gempa Mentawai.
Sumber :
  • USGS

VIVA.co.id – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut gempa yang terjadi di Mentawai, Padang, dan wilayah sekitarnya, hari ini, Rabu, 2 Maret 2016, mirip dengan gempa Aceh tahun 2012.

Gempa 5,8 SR Guncang Mentawai, Sebagian Warga Berhamburan Keluar Rumah

"Cukup jauh, strike slip fault, potensi tsunami kecil," kata Perekayasa Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana, Udrekh, dikutip dari situs BPPT.

Sementara itu, Kepala Balai Teknologi Survey Kelautan BPPT, M. Ilyas, menuturkan bahwa BPPT memiliki sistem pemantau gempa yaitu Read Down Station (RDS) yang berperan memantau data-data gempa yang dikirim dari Buoy Tsunami di beberapa perairan di Samudera.

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Mentawai, Getarannya hingga Bukittinggi

"Buoy Tsunami Early Warning System (TEWS) dilengkapi dengan sensor tekanan yang dipasang di dasar laut (bottom unit). Ketika ada gempa maka sensor tekanan selanjutnya mengirim data ke sistem permukaan Buoy untuk secara realtime dikirim ke Read Down Station (RDS) di BPPT untuk dianalisis apakah ada potensi tsunami atau tidak," katanya.

Ke depan, Ilyas berharap pemangku kebijakan di Tanah Air memerhatikan betapa pentingnya teknologi untuk deteksi dini bencana ini.

Mentawai Diguncang Gempa Magnitudo 5,0, Dipicu Aktivitas Sesar

"Saya harap Buoy Tsunami dapat dipasang di samudera dan beberapa titik di perairan Indonesia yang rawan gempa," tuturnya.

Gempa sebesar 7,8 SR, terjadi di laut Kepulauan Mentawai sekitar pukul 19.49 WIB. Pusat gempa di laut, 793 km dari Barat Daya Padang, dengan kedalaman 10 km. (ase)

Ilustrasi gempa Mentawai.

Diguncang Gempa Magnitudo 5.8, Warga Padang Berhamburan Keluar Rumah

Pusat gempa berada 3 kilometer Tenggara, Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dirasakan kuat getarannya di Kota Padang

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2021