Jokowi Ingin Implementasi e-Government Diperluas

Indonesia dan Korea Kerja Sama Pengembangan E-Government
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), Yuddy Chrisnandi mengatakan pemerintahan berbasis elektronik atau e-government akan memberikan sejumlah manfaat khususnya bagi pelayanan publik di Indonesia.

Perusahaan Ini Punya Cara Dorong Reformasi Birokrasi yang Revolusioner

"e-government akan memberikan manfaat yaitu terdokumentasikannya seluruh data-data pemerintahan secara lebih baik dan efisien," kata Yuddy dalam acara peresmian Pusat Kerja Sama E-Government di Gedung Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu 2 Maret 2016.

Ia menambahkan dokumentasi data pemerintahan secara elektronik ini akan menggantikan surat menyurat secara manual. Lalu penelusuran dokumen juga akan lebih simpel.

Menteri PAN-RB Minta Kepala Daerah Setop Memperbanyak Aplikasi karena Mempersulit Masyarakat

"Penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih transparan dan akuntabel. Jadi akan sangat bermanfaat baik dari segi efisiensi dan perbaikan badan publik. Presiden Jokowi memiliki keinginan kuat agar e-government bisa diimplementasikan secara luas dan merata," kata Yuddy

Sebelumnya, pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Korea meresmikan pusat kerjasama e-government. Pusat kerjasama ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah Indonesia agar lebih transparan, efektif dan efisien berbasis e-government.

Junjung Tinggi Reformasi Birokrasi, Sekretariat Jenderal DPR RI Lantik Dua Pejabat Tinggi Madya
Ilustrasi digitalisasi.

Indonesia Seeks e-government Development Cooperation with UK

The governments of Indonesia and the United Kingdom (UK) are seeking to enhance digitalization cooperation for the development of technical capabilities for e-government.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024