Selama Tiga Tahun Korea Akan Bantu Sistem E-Government RI

Indonesia dan Korea Kerja Sama Pengembangan E-Government
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Bidang E-Government Kementerian Dalam Negeri Republik Korea, Lee In Jae menjelaskan rencana kerja pusat kerjasama e-goverment Indonesia dan Republik Korea untuk membuat pemerintahan Indonesia lebih transparan dan efisien.

Jokowi Resmikan SMPCS, Optimistis e-Government Tercapai

"Misinya pembangunan pemerintahan transparan dan punya daya saing. Untuk itu kita akan menjalankan tugas bersama meningkatkan kinerja dan kualitas sumber daya manusia," kata Lee In Jae dalam acara peresmian Pusat Kerjasama E-Government di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Rabu 2 Maret 2016.

Ia menjelaskan roadmap kerjasama menuju pemerintahan Indonesia dengan sistem e-government ini akan berlangsung selama tiga tahun sejak 2016 hingga 2018. Pada tahun pertama, ia akan membantu Indonesia membuat payung hukum atau undang-undang terkait e-government.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

"Dan pada tahun pertama itu akan mendukung tugas bersama untuk meningkatkan efisiensi internal dalam negeri. Juga akan mendukung pembuatan UU e-government dan mendukung pendidikan dan latihan untuk meningkatkan e-government di Indonesia dengan masukan dari para ahli," kata Lee In Jae.

Lalu pada tahun kedua, ia akan membantu Indonesia berfokus pada pengembangan e-government yang berorientasi pada pelayanan publik. Terakhir pada tahun ketiga ia akan memfokuskan pada integrasi antar kementerian.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Sebelumnya, pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Korea meresmikan pusat kerjasama e-government. Pusat kerjasama ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah Indonesia agar lebih transparan, efektif dan efisien berbasis e.-government.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Menkominfo: Kementerian Nebeng Jaringan, Hemat Rp1 Triliun

Jaringan Kemendikbud dan Kemendagri bisa digunakan bersama.

img_title
VIVA.co.id
4 Juni 2015