Terganjal Visa, 10 Penerbangan asal China Batal ke Manado

Pesawat komersial bersiap mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Foto ilustrasi
Sumber :
  • Antara/ Fiqman Sunandar

VIVA.co.id - Sebanyak 10 penerbangan wisatawan mancanegara asal Negeri Tirai Bambu, China, batal masuk Manado, Sulawesi Utara. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mengatakan, pembatalan penerbangan asal Tiongkok karena terganjal visa. Olly menyesalkan pembatalan karena alasan teknis.

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak

"Ya, tentu kami kecewa. Hanya gara-gara visa lalu ratusan turis China batal mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado. Kita rugi besar," ujar Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Rabu 2 Maret 2016.

Bahkan kata Gubernur Sulut yang baru dilantik Presiden Joko Widodo ini, para turis tersebut akhirnya beralih mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Toba Gran Fondo 2016 Kelilingi Kaldera Danau Toba

"Pasca kejadian itu saya langsung menghubungi Menteri Hukum dan HAM, meminta agar Sulut menjadi provinsi keenam tujuan destinasi wisata dengan menerapkan 'free visa' atau bebas visa bagi turis. Sehingga tidak ada lagi kendala terkait pengurusan visa," ujar Bendahara Umum DPP PDIP ini.

Dia menambahkan semua kelengkapan berkas akan segera disiapkan seperti persyaratan proposal untuk dibawa ke Kementerian Hukum dan HAM hari ini juga.

Ini Kata Gubernur Sumatera Barat Tentang Tour de Singkarak

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Halendra Waworuntu mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulut soal turis bebas visa.

"Kami berharap kebijakan ini akan bertambah banyak kunjungan wisman ke Manado," terangnya.

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur.

BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan

Pentingnya pemerataan investasi di berbagai wilayah Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016