31 Bayi di Sulawesi Utara Terjangkit HIV/AIDS

Ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS/Nacho Doce

VIVA.co.id – Sebanyak 31 bayi di Sulawesi Utara, dilaporkan terjangkit virus HIV/AIDS. Jumlah ini, tercatat sepanjang dua dasawarsa terakhir, 1997 hingga 2016.

Akhirnya, Obat HIV AIDS Ditemukan oleh Profesor Ini

"Kemungkinan penularan bayi, karena ibu telah positif jadi penderita pada saat hamil," kata Kepala Seksi Wabah dan Bencana Dinasa Kesehatan Sulawesi Utara, Arthur Tooy, Sabtu 26 Februari 2016.

Secara akumulatif, total penderita HIV/AIDS di Sulawesi Utara, selama periode itu mencapai 1.950 orang, sebanyak 204 orang di antaranya dinyatakan sudah meninggal dunia.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Dari data itu, umur paling rentan, atau terbanyak terserang HIV/AIDS adalah usia produktif 20-29 tahun. Kedua dan ketiga terbanyak adalah usia 30-39 sebanyak 610 penderita, dan 40-49 tahun berjumlah 302 penderita.

Sementara itu, dari jenis pekerjaan, pekerja sektor swasta terbanyak berjumlah 592 penderita, ibu rumah tangga 374 orang, pelaut 92 orang, mahasiswa 73 orang, dan siswa 13 orang.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Kepekaan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menekan penyebaran HIV/AIDS, mengingat penuntasan masalah jelas tidak hanya lewat peran pemerintah saja.

Karena itu, Arthur mengingatkan, masyarakat untuk menghindari pola hidup tidak sehat yang bisa memicu seseorang jadi penderita, seperti gonta-ganti pasangan seksual, berhubungan badan tanpa pengaman, hubungan sesama jenis.

“Tetapi, kalau ada yang perilakunya berisiko seperti itu, kami anjurkan segera memeriksakan dirinya,” kata Arthur. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya