Luhut: Presiden Setuju Anggaran Densus 88 Antiteror Ditambah

Ilustrasi/Personel Densus 88 Antiteror
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengaku bila Presiden Joko Widodo telah menyetujui adanya perbaikan dalam Detasemen Khusus 88 Antiteror.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

"Presiden sudah menyetujui dilakukan perbaikan di sana-sini, sehingga Densus punya peran yang lebih bagus lagi nanti kedepan," kata Luhut di Mabes Polri, Jumat 26 Februari 2016.

Tak dirinci jelas bagaiman teknis perbaikan yang dimaksud Jokowi oleh Luhut. Namun ia mengisyaratkan bahwa akan ada perbaikan fasilitas untuk Densus 88 Antiteror.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

"Karena ancaman teror yang kita hadapi ancaman lain, maka peran Densus ini mengemuka, sehingga kita ingin memberikan gambaran yang lebih bagus lagi untuk fasilitas mereka (Densus)," ujarnya.

Di bagian lain, Luhut menyebut dalam tubuh internal Polri perlu ada resktrukturisasi, hal ini bertujuan agar lebih profesional di dalam menghadapi ancaman teror yang lebih canggih kedepannya.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Misalnya, Polri mengirimkan perwira terbaiknya hampir 200 orang. Bahkan, untuk tahun ini saja sebanyak 70 orang perwira untuk menempuh pendidikan di luar negeri dengan berbagai disiplin ilmu diantaranya, dalam bintang IT. Karena ancaman kedepan kejahatan cyber crime, polisi sudah melakukan antisipasi lebih dini lagi.

"Oleh karena itu, saya terus terang melihat Kapolri kedepan ini makin baik dengan manajemen yang ada sekarang," katanya.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023