Warga Jawa Timur Diminta Waspada Puting Beliung

Cuaca Buruk
Sumber :
  • ANTARA/Budi Afandi
VIVA.co.id
1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
- Masyarakat Jawa Timur diminta untuk mewaspadai kemunculan angin puting beliung. Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Arif Krisna, mengatakan, angin puting beliung itu akan muncul di sejumlah daerah di Jawa Timur.

"Di antaranya Bangkalan, Ngawi , Gresik, Bojonegori, dan Tuban," terang Arif di Surabaya, Sabtu 20 Februari 2016.

Tiga Gardu Induk Selesai, Listrik di Jatim Aman

Arif mengatakan, salah satu gejala akan munculnya angin puting beliung adalah munculnya awan comulonimbus yang hitam, menjulang tinggi serta berwarna hitam pekat. Oleh karena itu, Arif meminta masyarakat waspada apabila melihat awan tersebut muncul.

Menurutnya, kondisi semacam itu disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Terlebih, saat ini merupakan puncak dari musim hujan.

Hadiri Kongres FIFA, La Nyalla Mangkir Panggilan Kejaksaan

"Kemungkinan kondisinya akan kembali normal saat bulan Maret nanti. Karena saat itu intensitas curah hujan akan mengalami penurunan," urai Arif.

Selain puting beliung, Arif juga meminta masyarakat mewaspadai munculnya gelombang tinggi. Gelombang tinggi itu diperkirakan akan muncul di perairan selatan Jawa Timur.

"Untuk hari ini, kami mendapatkan laporan kalau gelombangnya sudah mencapai 3 meter. Makanya, bagi masyarakat yang ingin melaut sebaiknya lebih berhati-hati," ujar Arif. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya