Menpan Bagi-bagi Alat Pertanian Modern di Sulawesi Barat

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman
Sumber :

VIVA.co.id – Dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani, Menteri Pertanian (Menpan) Andi Amran Sulaiman yang berkunjung ke Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, membagikan alat pertanian.

Hari Tani Nasional: Petani Harus Dijamin Untung, Ini Harapannya

Alat yang dibagikan meliputi traktor tangan, mesin pemotong padi, mesin penanam padi, hingga mesin pompa air untuk mengantisipasi kekeringan pada musim kemarau. Selain membagikan alat pertanian, Amran juga berjanji membangun saluran air tersier untuk dua ribu hektar lahan pertanian di kabupaten ini.

Didampingi Gubernur Sulawesi Barat, Bupati Polewali Mandar serta sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) lainnya, Menpan memulai kegiatannya dengan melakukan panen raya di Desa Tonrolima, Kecamatan Matakali, dengan menggunakan mesin pemotong padi yang dibagikan kepada kelompok tani.

Bantuan alat pertanian modern ini diharapkan mampu menekan biaya produksi petani hingga lima puluh persen, sehingga keuntungan mereka dapat bertambah.
 
Sementara mengenai banyaknya sawah yang kerap gagal panen akibat banjir, Amran mengimbau petani agar mengasuransikan tanaman padi mereka. "Melalui program Kementerian Pertanian yang tahun ini mengucurkan dana miliaran rupiah, untuk satu juta hektar sawah di seluruh Indonesia," ujarnya di Polewali Mandar, Rabu, 17 Februari 2016.
 
Usai membagikan alat pertanian, Amran menyempatkan diri berdialog dengan perwakilan petani serta pedagang beras. Dialog digelar untuk mendengarkan keluhan mereka terkait melonjaknya harga beras beberapa waktu lalu, karena diduga terjadi aksi penimbunan beras oleh sejumlah oknum.

Fenomena El Nino, Stok Pangan di Jabar Masih Aman

Menurut Amran, kementeriannya telah membangun kerja sama dengan Kepolisian, agar segera menindak tegas oknum yang melakukan aksi penimbunan beras karena memicu melonjaknya harga pangan.

Laporan: Rasman Abdul Rahman

Cegah Alih Fungsi Lahan, Mentan SYL Sinergi Dengan APIP dan APH
Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Mahfud: Petani Makin Sedikit, Subsidi Pupuk Setiap Tahun Kok Naik?

Mahfud juga menyoroti masalah lingkungan yang terjadi.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2024