Jusuf Kalla Jadi Piala untuk Dongkrak Pamor Batu Akik

Pamer Batu Akik
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva.co.id

VIVA.co.id – Sempat menjadi tren, kini pamor batu mulia, atau akik mulai meredup. Untuk mendongkrak kembali pamornya, komunitas pegiat batu akik membuat kontes batu mulia tingkat nasional, dengan memperebutkan Piala Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Kontes batu mulia ini akan digelar di Atrium City of Tomorrow (CITO) Mall Surabaya, pada 29 Maret sampai 3 April 2016 mendatang. Kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka Menteri Perindustrian Saleh Husin, mewakili Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kontes batu mulia ini sebagai bentuk optimisme bahwa peluang bisnis sebenarnya masih stabil dan potensial. Meskipun euforianya meredup," kata Pieter Lukman, Humas Batu Mulia Nusantara, organisasi penyelenggara kontes di Surabaya, Minggu 14 Februari 2016.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Pieter mengakui, pamor batu mulia kini merosot. Tetapi, bukan berarti peluang bisnis batu akik yang menjadi tren di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu meredup. "Kontes nasional ini tentu diharapkan mampu mendongkrak geliat bisnis batu mulia ini," ungkapnya.

Selain Piala Wapres, Pieter mengatakan, kontes batu mulia nanti juga akan memperebutkan hadiah uang pembinaan senilai total Rp800 juta. Kontes akan dinilai oleh enam juri profesional di bidang batu mulia. "Pemenangnya akan didelegasikan ikut kontes batu mulia tingkat internasional, mewakili Indonesia," jelasnya.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Peserta kontes terdiri dari peserta individu dan grup. Ada 29 kategori batu mulia yang bisa diikutkan kontes oleh peserta dari seluruh Indonesia. Di antaranya batu Bio Solar, Sisik Naga, Panca Warna, Colourless Chalcedony, dan beragam batu mulia lainnya. "Yang dinilai ialah batu yang betul-betul batu yang baik kualitasnya," terang Pieter. (asp)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024