Remaja Karang Taruna Rayakan Valentine dengan Cara Tak Lazim

Remaja Karang Taruna Rayakan Valentine dengan Cara Tak Lazim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita
VIVA.co.id - Tanggal 14 Februari adalah hari kasih sayang, atau yang biasa disebut dengan Valentine’s Day. Umumnya, orang-orang merayakan Valentine dengan memberikan cokelat kepada orang yang disayang, misalnya pacar.
Menhub: Bandara Kulonprogo Beroperasi 2019

Namun, kalangan remaja ini memilih untuk melakukan kegiatan yang tak lazim alias antimainstream, yaitu bersih-bersih sungai. Mereka adalah para remaja anggota Karang Taruna Dipo Ratna Muda, yang berbasis di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka memilih melakukan gerakan mencintai alam.
Penjelasan RS Sardjito soal Jenazah yang Dianggap Waluyo

"Kami dengan tulus hati memberikan kasih sayang kepada Sungai Bedog yang berada di Guwosari," kata Yuni Usawatun, Ketua Panitia bersih sungai pada Minggu 14 Februari 2016.
Polda Yogya Bantah Tangkap Menantu Sultan Terkait Narkoba

Wujud kasih sayang, katanya, dimanifestasikan dengan aksi bersih-bersih Sungai Bedog sepanjang tiga kilometer dari Dusun Kembangputihan hingga Jembatan Sindon. Sedari pagi hingga tengah hari, dengan partisipan lebih dari seratus orang, membersihkan sampah dan menyisir pohon-pohon bambu yang bertumbangan di sepanjang aliran sungai.

"Aksi ini kami kemas dengan konsep liburan, yaitu dengan mempersiapkan ban pelampung dan perahu sebagai alat untuk ngeli, sehingga tercipta nuansa kegembiraan. Seperti pepatah: sambil menyelam minum air; sambil rekreasi menyusuri Sungai Bedog dengan ban dan perahu, disertai aksi bersih-bersih," ujar Yuni.

Sebagai gong atau kegiatan pamungkas, mereka mendeklarasikan Warga Cinta Sungai, yaitu menjaga kebersihan lingkungan sungai, menolak segala aktivitas pembuangan limbah/sampah di sungai, turut dalam menjaga kelestarian ekosistem sungai dan aktif mengampanyekan gerakan cinta sungai.

"Dari aksi ini, harapannya seluruh partisipan menjadi pelopor bagi warga untuk turut serta mengampanyekan gerakan cinta sungai, terkhusus untuk Sungai Bedog yang mengalir di sepanjang Desa Guwosari," ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya