Indonesia Siap Gelar KTT Terorisme Internasional

Presiden Joko Widodo Tinjau Lokasi Bom Sarinah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan pemerintah Indonesia berencana menggelar pertemuan tingkat tinggi antar-negara untuk membahas penanggulangan terorisme di penjuru dunia.

Densus Geledah Rumah Teroris di Batam, Sita Sejumlah Bukti
"Presiden kasih 'lampu hijau', Indonesia akan gelar pertemuan internasional dengan banyak negara, Australia, Inggris, Amerika Serikat untuk counter terrorism, deradikalisasi. Kemungkinan satu atau dua bulan ke depan," kata Luhut di kantor Kemenpolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 12 Februari 2016.

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme
Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Abdurrahman Wahid ini juga mengatakan, Indonesia sudah menggalang kerjasama dengan berbagai pihak, seperti ASEAN, Australia dan Amerika untuk penanggulangan terorisme di tanah air.

"Pertemuan itu untuk membangun kerjasama yang lebih baik lagi," tegas Luhut.

Luhut menegaskan, Indonesia dalam memerangi terorisme tidak akan berpihak pada kubu atau blok negara tertentu. Menurutnya, kerjasama Indonesia dalam hal counter terrorism bersifat terbuka, sehingga negara manapun akan dirangkul.

"Misalnya ada tawaran dari Rusia kenapa tidak. Indonesia bukan blok A, B, C," ujar dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya