TNI AU Larang Semua Pesawat Super Tucano Terbang

Pesawat Tempur Super Tucano Tiba di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Musibah jatuhnya pesawat latih Super Tucano membuat TNI Angkatan Udara berhati-hati.

KNKT Selidiki Pesawat Wings Air Tabrakan di Kupang

Sebelas pesawat lain yang berada di pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, kini dilarang terbang hingga penyebab jatuhnya pesawat diketahui.

“Semua ini karena belum evaluasi, semua kami setop dulu. Masalah utamanya harus kita tahu,” kata Kepala Staf TNI AU Marsekal Agus Supriatna di Malang, Rabu, 10 Februari 2016. 
Ada Bahaya Tersembunyi di Bandara Halim?

Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh total memiliki 12 pesawat tempur taktis ringan yang tiba di 2012 dan 2014. Seluruh pesawat diterbangkan langsung dari pabriknya,  Empresa Brasileira de Aeronautica (Embraer), yang berbasis di Gavião Peixoto, Sao Paulo, Brasil.
Tabrakan di Halim, Batik Air Klaim Sudah Sesuai Prosedur

“Kita harus betul-betul aware dan waspada penyebab ini,” jelas Agus.

Kecelakaan yang terjadi hari ini tidak mengubah jadwal datangnya empat pesawat Super Tucano, yang dipesan untuk menggantikan pesawat jenis OV-10 Bronco. “Rencananya 29 Februari nanti datang empat pesawat lagi,” ujar Agus.

Pada saat kedatangan pesawat baru nanti, tim juga akan melakukan konsultasi dengan teknisi asal Brasil. “Nanti akan kami beritahu mereka, di akhir Februari, mereka akan kemari,” ungkap Agus.

Pesawat Super Tucano akan mendapat izin terbang lagi setelah tim evaluasi menyelesaikan tugas dan mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Dalam proses ini, KSAU tidak memberikan tenggat waktu hasil penyelidikan itu bisa diketahui. “Secepatnya, selama belum diketahui, pesawat stop flight dulu," tegasnya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya