100 Ribu Siswa Ditargetkan Daftar Perguruan Tinggi Islam

Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin membuka secara resmi dua jalur seleksi bersama untuk ujian masuk 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia.

Tiga Syarat Orang yang Boleh Dibadal Haji

Dua jalur masuk PTKIN itu dilakukan melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik (SPAN-PTKIN) dan jalur Ujian Masuk (UN-PTKIN), yang dilakukan secara online.

"Kami targetkan pendaftar UM-PTKIN tahun 2016 sekitar 100 ribu calon mahasiswa," ujar Lukman di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu, 10 Februari 2016.

Menag: Arab Saudi Belum Bayar Santunan Korban Crane Jatuh

Menurut Lukman, kuota untuk kedua jalur seleksi bersama masuk ke UIN/IAIB/STAIN pada 2016 ini meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk SPAN-PTKIB tahun yakni sebanyak 73.246 kuota, meningkat dari tahun 2015 lalu hanya 61.246.

Sementara kuota untuk jalur UM-PTKIN sebanyak 48.638, dimana tahun sebelumnya hanya 40.533 orang.

DPR Desak Menag Perbaiki Penyelenggaraan Ibadah Haji

Pendaftaran SPAN-PTKIN mulai dibuka pada 9 Maret hingga 30 April 2016, sedangkan jalur UM-PTKIN dimulai pada 1 Mei hingga 3 Juni 2016.

Diketahui, PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah Madrasah Aliyah (MA), dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi.

Siswa yang berhak mengikuti SPAN PTKIN adalah siswa MA/ Pesantren Muadalah, termasuk Sekolah Republik Indonesia yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Pola seleksi melalui UM-PTKIN ini dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu, dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya