Bangun Tol Denpasar-Buleleng, Bukit Bedugul 'Dibelah'

Kebun Raya Bedugul, Tabanan, Bali
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi Bali menggagas pembangunan jalan tol baru yang menghubungkan Kota Denpasar dan Kabupaten Buleleng. Menurut Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, pembangunan tol baru itu untuk menyeimbangkan pembangunan dan mendukung sarana pembangunan bandara baru yang rencananya juga akan dibangun di Bali utara.

"Rencananya tol itu akan melintas di tengah laut. Lalu ada juga gagasan dibangun di pinggir laut. Akhirnya diputuskan melewati Bedugul dengan memotong gunung (Bukit Bedugul)," kata Sudikerta di Denpasar, Senin, 8 Februari 2016.

Ia melanjutkan, memotong Bukit Bedugul dianggap lebih visibel. "Tanah murah dan mudah dilakukan pembebasan. Bentuk tol nantinya seperti huruf Y. Tidak bisa dipungkiri infrastruktur menarik investasi," katanya.

Guna mempercepat pembangunan, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Bali akan membuat shortcut untuk menyingkat waktu perjalanan Denpasar-Buleleng.

Geng Satu Darah Asal Belanda Bikin Onar di Kuta

"Ada empat shortcut yang akan dibangun. Itu mempersingkat perjalanan sekitar 1,5 jam dari waktu tempuh tiga jam perjalanan Denpasar-Buleleng," ujar dia.

Ia berharap pembangunan shortcut tersebut bisa dilakukan tahun ini. Begitu juga dengan wacana pembangunan tol. "Setelah DED tol selesai, nanti cukup hitungan menit jarak tempuh Denpasar-Buleleng. Mudah-mudahan tahun ini selesai," katanya.

Tokoh Agama Hindu Dukung Reklamasi Teluk Benoa Duduki DPRD Bali

Aktivis Anti Reklamasi Teluk Benoa Dilaporkan ke KIP

Pelaporan terkait transparansi keuangan organisasi tersebut.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016