Dewan Pers: Media Sosial Pengaruhi Eksistensi Media

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Kepala Daerah Ingin Maju, Ini Tips dari Mendagri
- Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengatakan bahwa perkembangan media sosial sangat berpengarauh terhadap eksistensi dan kiprah media tradisional seperti cetak, radio dan televisi. Menurut Bagir, ada sejumlah faktor yang mempercepat perkembangan media sosial tersebut.

Pertama kata dia, perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang sangat cepat. Baik sebagai penemuan baru maupun pengembangan yang sudah ada, dibandingkan dengan teknologi lain.

Mendagri: Pers Harus Kritis dan Objektif

Kedua, perubahan masyarakat. Masyarakat menurut dia, dinilai semakin sadar dengan informasi dan membutuhkan informasi yang cepat nan mutakhir. Baik untuk sekadar mengetahui maupun sebagai bagian dari aktivitas, seperti aktivitas politik, ekonomi dan lain sebagainya.

"Tapi satu sisi akibat dinamika kehidupan yang berkembang dengan cepat, dan keterbatasan waktu, masyarakat makin tergantung pada media yang dapat menyampaikan informasi dengan cepat," kata Bagir di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Lombok - Nusa Tenggara Barat, Senin, 8 Februari 2016.

Jokowi Kritik Stasiun TV Kurang Tayangkan Lagu Nasionalisme

Faktor ketiga terkait persayaratan normatif. Persyaratan manajemen dan fasilitas yang diperlukan untuk memanfaatkan atau menggunakan media sosial sangat mudah dan sederhana, dibandingkan dengan penyelenggaraan media tradisional.

Terakhir, yakni kesadaran masyarakat untuk membela hak terhadap pemberitaan siaran media.

"Keluhan itu disampaikan masyarakat kepada Dewan Pers, karena berpendapat suatu berita merugikan dan tidak mengandung kebenaran," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya