Jejak Laksamana Cheng Ho di Pulau Bali

Sumber :

VIVA.co.id -  Pulau Bali memang kaya akan sejarah. Tak salah jika Bali disebut sebagai Pulau Dewata, pulau yang diberkati oleh para Dewa. Jika ditarik jauh ke belakang, salah seorang tersohor dari Negeri Tiongkok yakni Sam Po Tay Jen pernah menginjakkan kakinya di Bali.

Tujuh Tempat Wisata Terbaik di Gianyar, Pulau Bali
Ya, salah satu jejak peninggalan Laksamana Cheng Ho ada di Griya Kongco Dwipayana. Klenteng ini terletak di Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai. Pengunjung akan melewati hutan mangrove sejauh 600 meter untuk mencapainya.
 
Geng Satu Darah Bikin Onar di Bali, Ini Kronologinya
Pemimpin Griya Kongco Dwipayana, Ida Bagus Made Adnyana menuturkan, di klenteng yang dipimpinnya terdapat sebuah arca yang didewakan. Di bawah arca itu bertuliskan, Sam Po Tay Jen.
 
Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata
"Sam Po Tay Jen ini orang Muslim. Silakan ditulis demikian, karena memang beliau ini dari Tiongkok sudah Muslim," kata Adnyana kepada VIVA.co.id, Sabtu 6 Februari 2016.
 
Menurut dia, meski beragama Muslim, Sam Po Tay Jen didewakan dan disembah oleh umat Budhha. Soal sejarah kedatangan Sam Po Tay Jen ke Pulau Dewata, pria yang akrab disapa Atu Mangku itu menyebut ia adalah pelaut yang dengan pasukannya yang tersohor melakukan perjalanan keliling dunia. Salah satunya singgah di Pulau Bali.
 
"Beliau juga bisa dibilang salah satu penyebar ajaran Islam di Nusantara, khususnya Bali," jelasnya.
 
Dalam syiar Islamnya, kata Atu Mangku, Sam Po Tay Jen tidak melakukannya dengan jalan kekerasan. "Tidak dengan pertempuran, tapi dengan kebaikan. Bercocok tanam serta cara lainnya. Akhirnya Bisa diterima masyarakat," papar dia.
 
Sam Po Tay Jen atau dikenal juga dengan Sam Po Hong alias Laksamana Cheng Ho dikenal sebagai seorang kasim muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok yang berkuasa pada tahun 1403-1424 dan merupakan kaisar ketiga dari Dinasti Ming.
 
Sejak melakukan pelayaran mengelilingi dunia, Cheng Ho beberapa kali berlabuh di Indonesia. Perjalanan samudera Laksama Cheng Ho ini tidak hanya singgah di Bali, tapi juga di Aceh, Batam, Palembang, Belitung, Jakarta, Semarang, Cirebon, dan Surabaya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya