Sebelum Jambi, Virus Zika Pernah Muncul di Klaten

Virus Zika dalam foto yang dirilis CDC AS.
Sumber :
  • REUTERS/CDC/Cynthia Goldsmith/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Kementerian Kesehatan memastikan bahwa Virus Zika memang ada di Indonesia. Bahkan, virus penyebab kepala bayi mengecil ini pernah ditemukan di Klaten, Jawa Tengah, atau sebelum ditemukan di Provinsi Jambi seperti dilaporkan peneliti dari The Eijkman Institute for Molecular Biology.

COVID-19 Belum Usai, WHO Umumkan Ancaman Pandemi Berikutnya

"(Kala itu) Penderita Zika di Kabupaten Klaten Jawa Tengah, berhasil diatasi," kata Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Kerjasama dan MDG Kementerian Kesehatan, Dyah Satyani Saminarsih, di Yogyakarta, Jumat 5 Februari 2016.

Menurut Dyah, kehadiran virus Zika memang harus diwaspadai di Indonesia. Sebab, virus yang kini menggejala di Amerika Latin tersebut, memiliki peluang hidup sama dengan iklim di Indonesia.

Ada Virus Baru Disebarkan Nyamuk, Gejalanya Mirip Zika

"Proses penularan penyakit Zika hampir sama dengan DBD (Demam Berdarah Dengue) yaitu lewat nyamuk Aedes Aegepty," katanya.

Sebab itu, karena Zika ditularkan lewat nyamuk, maka pemerintah daerah diminta waspada. Gerakan serupa seperti penanganan demam berdarah lewat 3 M, membuang, menimbun dan menggunakan kembali, mesti digalakkan kembali. “Pokoknya pola hidup bersih harus dikedepankan,” ujarnya.

Virus Zika Jadi Jawaban untuk Obat Kanker Otak?
Seorang anak terjangkit Virus Zika.

Virus Zika, Satu Kali Mutasi Bisa Meledak Jadi Wabah

Para ilmuwan bilang manusia harus mewaspadai varian-varian Virus Zika yang bisa memulai ledakan wabah besar lainnya.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2022