JK Minta MUI dan Menag Kunjungi Pesantren Radikal

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Eks Bomber Timnas Latih Klub Alumni Pesantren Gontor
- Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) menanggapi temuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang mencatat terdapat 19 pondok pesantren (ponpes) yang diindikasi melakukan kegiatan radikalisme.

Soal Terorisme, Kiai Gontor Sebut Pesantren Diteror
"Pemerintah berusaha tidak terjadi radikalisme. Kalau memang ada terbukti ponpes radikal, ponpes itu harus didatangi oleh katakanlah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteri Agama, berikan yang sejuk," kata JK di kantornya, Jakarta, Rabu, 3 Februari 2016.

Gawat, Santri Konsumsi Ekstasi Supaya Kuat Zikir
Menurutnya, kegiatan radikalisasi ini harus dilihat bentuk dan cara ponpes itu memberikan pengajaran. "Saya tahu betul waktu di Makassar tidak ada seperti itu," kata JK.

Sebelumnya, . Ponpes tersebut diantaranya ada di Lampung, Serang, Jakarta, Ciamis, Cilacap, Magetan, Lamongan, Cilacap, Solo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Makassar, hingga Poso.

Meski dinilai ada kegiatan radikalisme, ternyata indikasi kegiatan tersebut masih mengalami pro kontra apakah masuk dalam kategori radikalisme. BNPT menegaskan, catatan ini selanjutnya menjadi peringatan bagi pihak berwenang terkait perizinan ponpes.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya