Waktu Pelantikan Kepala Daerah Masih Belum Jelas

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
- Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Sekretariat Negara masih membahas untuk menentukan kapan waktu pelantikan kepala daerah, yang menang pada Pilkada serentak Desember 2015.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

"Sedang koordinasi dengan Setneg untuk pastikan tanggal dan harinya," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Senin 25 Januari 2016.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


Rencananya pelantikan kepala daerah sendiri akan dilangsungkan pada 2016, seperti yang pernah diwacanakan Politisi PDI Perjuangan tersebut. Namun hingga kini belum ada bisa kepastian kapan pelantikan tersebut akan dilangsungkan, apakah di awal, tengah atau akhir Februari.


“Saya belum berani bicara dulu,” ungkap Tjahjo.


Komisioner Ida Budhiati mengungkapkan KPU telah menetapkan pasangan calon terpilih daerah, yang perkaranya telah ditolak oleh MK. Penetapan itu diikuti dengan pengusulan calon kepala daerah kepada Kementerian Dalam Negeri.


"Sudah ditindaklanjuti dengan penetapan paslon terpilih, secara bertahap ya sesuai dengan pembacaan putusan MK," ujarnya.


Sementara itu, Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), Robert Endi Jaweng, menilai pelantikan kepala daerah bisa disegerakan. Terkait teknis pelaksanaan, tinggal disesuaikan saja.


"Serentak itu kata-kata yang sangat keramat, pelantikan tidak seperti itu. Jadi cukup dua saja, bagi yang tak ada sengketa, persiapan sebulan, itu paling lambat Februari sudah harus dilantik. Tapi yang sengketa, itu mungkin karena ada proses ya tak harus Juni. Bisa April pelantikannya," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya