Presiden Jokowi Akan Kunjungi Timor Leste untuk Pertama Kali

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu/Asf/Spt/14.

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Dili, Timor Leste, Selasa, 26 Januari 2016. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Jokowi ke negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia tersebut.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

"Presiden akan didampingi oleh Menko Perekonomian, Menteri Luar Negeri, Seskab serta Menteri Pemuda dan Olah Raga. Kunjungan kenegaraan ini akan digunakan Indonesia untuk memperkokoh hubungan masa depan kedua negara serta menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi mitra utama pembangunan Timor Leste," demikian tertulis dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, dari Kementerian Luar Negeri, Senin, 25 Januari 2016.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Timor Leste, Y.M. Taur Matan Ruak, dan Perdana Menteri Timor Leste, Y.M. Maria De Araujo. Beberapa isu yang akan dibahas antara lain penguatan kerja sama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastuktur serta komitmen bersama untuk mempercepat penyelesaian isu perbatasan (baik perbatasan darat maupun perbatasan maritim).

Rocky  Gerung Seorang Republikan

"Dalam kunjungan tersebut akan ditandatangani 5 Memorandum of Understanding (MoU) yaitu MoU Kerjasama Pemuda dan Olahraga, MoU Kerjasama Kearsipan, MoU Kerjasama Klimatologi dan Geofisika, MoU Kerjasama Search and Rescue serta MoU Kerjasama Energi, Petroleum dan Sumber Daya Mineral," kata Kemlu RI.

Persiapan akhir kunjungan akan dilakukan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri RI dan Menteri Luar Negeri Timor Leste di Dili pada 25 Januari 2016.

Musra dan Pesan Perlawanan Presiden Jokowi

Hubungan antara Indonesia dengan Timor Leste belakangan tengah mendapat sorotan. Hal itu terkait dengan persoalan salah satu batas negara di Noelbesi-Citrana, Desa Netamnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. (

(mus)

Pembangunan di IKN (FOTO/ANTARA)

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024