TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Eks Gafatar Dibina Selama Lima Hari di Asrama Haji Boyolali

Ada yang naik pesawat dan ada juga yang menggunakan kapal laut.
Eks Gafatar Dibina Selama Lima Hari di Asrama Haji Boyolali
Eks Gafatar tiba di Boyolali (VIVA.co.id/Fajar Sodiq)

VIVA.co.id - Sebanyak 77 orang mantan anggota organisasi massa Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) mulai tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu, 24 Januari 2016. Mereka diberangkatkan dari Pontianak, Kalimantan Barat, dengan menggunakan pesawat carteran Lion Air.

Puluhan anggota eks Gafatar yang terdiri dari laki-laki, perempuan serta anak-anak tiba di Bandara Adi Soemarmo Surakarta dengan menggunakan pesawat Lion Air sekitar pukul 18.45 WIB. Setelah itu, mereka diangkut menggunakan empat armada bus menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Sesampainya di asrama haji, para mantan anggota Gafatar itu langsung dikumpulkan di ruang aula utama. Sebelum dilakukan pendataan dan pengecekan kesehatan, mereka beristirahat dan makan malam dengan nasi bungkus.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Jawa Tengah, Danrem 074/Warastratama, Kapolres Boyolali, Dandim Boyolali‎ ikut makam malam bersama puluhan mantan anggota Gafatar.

Sekda Provinsi Jawa Tengah‎ Sri Puryono menyebutkan bahwa pada malam ini terdapat 77 orang mantan anggota Gafatar yang tiba di Asrama Haji Donohudan. Hanya saja pihaknya belum bisa merinci jumlah tersebut karena masih dilakukan pendataan oleh petugas.

"Pendataan masih dilakukan. Ini merupakan gelombang pertama kedatangan mantan anggota eks Gafatar. Selain malam ini, besok juga akan menyusul kedatangan rombongan eks Gafatar yang diangkut melalui jalur laut," kata dia kepada wartawan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu malam.

Rombongan tersebut disebutkan Puryono akan tiba di pelabuhan Tanjung Emas Semarang menggunakan KRI Gilimanuk pada Senin besok. Selanjutnya, sebanyak ratusan eks Gafatar tersebut akan dibawa menuju pusat penampungan di asrama haji pada Senin sore.

"Ada sekitar 350 orang yang akan tiba di Semarang besok. Kemudian dari Tanjung Emas akan diangkut menuju asrama haji. Nanti di sini (asrama) akan dilakukan pembinaan selama lima hari ke depan," ucapnya. (ase)


KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP