DPR: BNN Tak Bisa Berantas Narkoba Sendiri

BNN Mulai Gerakan Rehabilitasi 100 Ribu Pengguna Narkoba
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat, Saleh Daulay, mengatakan peredaran narkotik dan obat-obatan terlarang (narkoba) di beberapa kota besar, khususnya di Jakarta tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, para mafia narkoba dinilai semakin berani dan terbuka.

Laporan Pencemaran Nama Baik oleh Haris Azhar Ditunda

Peredaran narkoba tidak lagi di tempat-tempat elite, tetapi sudah membaur di perumahan-perumahan masyarakat biasa. Dengan begitu, akses untuk mendapatkan barang haram itu pun pasti akan lebih mudah.

"Ini sudah sangat mengancam. Pemerintah harus melakukan aksi nyata dalam memberantas peredaran narkoba dan para bandarnya," kata Saleh dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 24 Januari 2016.

DPR: Kicauan Freddy Budiman Adalah Pintu Masuk

Menurut Saleh, Badan Narkotika Nasional (BNN) yang menjadi tulang punggung pemberatasan narkoba tidak bisa berjalan sendirian. Badan tersebut harus mendapat dukungan dari kementerian lembaga lainnya. Termasuk di antaranya para tokoh masyarakat.

"Guru-guru, dosen, pimpinan perusahaan, bahkan hansip-hansip di kelurahan mesti dilibatkan. Mereka ini kan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Setidaknya, mereka bisa diajak untuk bersama-sama melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba," ujar Saleh.

TKI Bawa Narkoba dari Malaysia Dituntut 18 Tahun Penjara

Sejauh ini, BNN dan aparat kepolisian sudah melakukan banyak hal. Namun kenyataannya, narkoba belum bisa diberantas tuntas. Bahkan belakangan ini terkesan semakin marak.

"Fenomena ini bisa saja menunjukkan bahwa peredaran narkoba jauh lebih besar dibandingkan jumlah aparat penegak hukum kita. Kalau itu betul, Indonesia sudah betul-betul darurat narkoba," kata mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu. (ase)

Penjahat narkoba

Diusulkan Tiru Filipina Perangi Narkoba, Ini Respons DPR

'Penjara kita itu mayoritas diisi terpidana narkoba.'

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016