Benarkah Bahrun Naim Aktor Kunci Bom Thamrin?

Sumber :
  • ANTARA FOTO/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha

VIVA.co.id - Nama Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo atau Bahrun atau Naim disebut polisi sebagai aktor intelektual peledakan bom di kawasan Jalan MH Thamrin di Jakarta pada Kamis, 14 Januari 2016. Dari sumber kepolisian menyebutkan, perintah Bahrun Naim kepada jaringan teroris di Indonesia untuk melakukan amaliyah di Tanah Air dapat dipastikan.

Penangkapan terduga teroris di Bekasi sebelum aksi bom bunuh diri di Thamrin menjadi bukti nyata, kenapa polisi akhirnya menetapkan Bahrun Naim sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas serangan ini.

Satu dari empat orang yang ditangkap polisi di Bekasi mengakui ada perintah melaksanakan amaliyah dari Bahrun Naim pada akhir 2015. Selain itu, seorang dari Suku Uyghur bernama Ali yang juga ditangkap di Bekasi, menjadi bukti lain keterlibatan Bahrun Naim. Atas perintah Bahrun Naim, Ali dibawa ke Indonesia untuk kemudian akan diberangkatkan ke Syuriah.

Bila upaya ini gagal, Bahrun Naim memerintah agar jaringan Bekasi ini mempersiapkan Ali sebagai pengantin untuk melaksanakan serangan di Indonesia. Beruntung, kelompok ini ditangkap.

Kelompok lain di Mojokerto, Jawa Timur, yang juga ditangkap polisi mengakui bahwa bukti tulisan tangan rencana serangan mereka di Indonesia juga dibuat setelah ada perintah dari Bahrun Naim.

Lalu, siapa Bahrun Naim sesungguhnya. Peneliti terorisme, M. Zaki Mubarak, mengatakan, Bahrun merupakan "pemain" baru. Menurut dia, nama Bahrun baru muncul pada 2010 dan tak banyak dikenal oleh kelompok jihadis.

Namanya muncul karena dia tersangkut kasus hukum menyimpan ratusan peluru. “Artinya, penokohan kepada Bahrun Naim ini dibuat-buat,” ujar Zaki kepada VIVA.co.id, Selasa 19 Januari 2016.

Menurut Zaki, secara ideologis, Bahrun justru banyak belajar dari Aman Abdurahman, tokoh JAT yang mendukung ISIS dan telah dianggap sebagai amir oleh para jaringan teroris belakangan ini.

Pemain-pemain baru (teroris) saat ini tidak cukup mengenal Abu Bakar Baasyir. Mereka lebih kenal dengan Aman Abdurahman yang mewakili kelompok baru.

Lalu, benarkah Bahrun Naim aktor kunci Bom Teror di Thamrin?

Baca selengkapnya di Sorot VIVA.co.id.

Aman Abdurrahman Segera Bebas, Pemerintah Bingung
ilustrasi pengeledahan.

Negara Dituding Ciptakan Sendiri Terorisme

Negara tidak hanya melakukan penindakan, tapi juga pembibitan.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2016