Gabung ISIS, Eks Ketua KNPI Depok Tewas di Suriah

Agustian Hermawan, mantan Ketua KNPI Depok yang bergabung dengan ISIS. Hingga Februari sudah 217 WNI yang ditangkap diluar negeri karena diduga bergabung dengan ISIS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan
VIVA.co.id - Seorang warga Depok, Jawa Barat, dikabarkan tewas dalam baku tembak di Suriah. Dia diduga terlibat kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Pria itu diketahui bernama Agustian Hermawan. Dia adalah mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Depok. Dody Riyanto, Ketua KNPI Kota Depok, membenarkan kabar seniornya itu tewas di Suriah.
ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

"Iya, kami dapat kabar dari grup KNPI. Yang bersangkutan ternyata meninggalnya sudah sebulan lalu, di Suriah," ujar Dody kepada VIVA.co.id, Rabu, 20 Januari 2016.
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai

Agustian diketahui pernah menjabat Ketua KNPI Kota Depok. Selain aktif di organisasi kepemudaan dan olah raga, pria yang dikenal bersahaja itu juga disebut sebagai penggagas berdirinya Kota Depok.

"Almarhum cukup aktif. Bahkan dia dulu yang ikut menggagas berdirinya kota ini (Depok) dari unsur kepemudaan. Kami, kawan-kawan di sini (KNPI), sama sekali nggak menyangka dia ikut ISIS dan meninggal di sana (Suriah)," ujar Dody.

Dody dan sejumlah rekan KNPI Kota Depok berencana berkumpul untuk membahas hal itu malam nanti. Mereka juga akan menemui keluarga almarhum.

Kabar tewasnya Agustian Hermawan yang diduga terlibat kelompok ISIS juga dibenarkan Peneliti Ahli pada Badan Nasional Penanggulan Teroris (BNPT), Sidra Tahta Mukhtar.

"Info yang saya dapat seperti itu, sudah sebulan lalu tewasnya. Katanya, bom bunuh diri. Namun untuk lebih pasti saya harus cek data lagi di kantor," ujar Sidra saat ditemui seusai menjadi pembicara penanggulangan aksi teror di Markas Polresta Depok. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya