Panglima TNI Enggan Spekulasi Motif dan Pelaku Bom Sarinah

Ledakan bom di Sarinah
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id - Panglima TNI Gatot Nurmantyo‎ memastikan, situasi di Tanah Air pasca ledakan bom di Sarinah, Jakarta Pusat, aman terkendali. Gatot berjanji, TNI akan membantu polisi untuk menjamin situasi di Jakarta aman.

"Saya tidak akan menyampaikan berapa petugas saja. Tapi yang jelas ada kejadian dan saya harus melihat kesemuanya dan menciptakan rasa tenang di masyarakat," katanya, Kamis, 14 Januari 2016.

Teroris Malang Kumpulkan Jebolan Suriah

Mengenai pelakunya, Panglima tidak ingin menyampaikan. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian. Sementara apakah bom bunuh diri dilakukan kelompok teroris ISIS, dia tidak ingin menyimpulkan.

"Biarkan Kepolisian yang menyampaikan. Soal ISIS tanya sama ISIS lah. Kalau ada kejadian semacam ini kita selalu siap, negara tidak boleh didikte oleh siapapun," katanya menambahkan.

Panglima menjelaskan, Presiden Jokowi sudah memberi petunjuk kepada dirinya untuk memastikan dan menjamin keaman di seluruh tempat di Tanah Air.

"Memang harus aman dan memberikan rasa aman. Mewujudkan rasa aman. Presiden akan mempercepat kunjungan dan kembali dari Cirebon," katanya.

Apakah ledakan bom terjadi karena kelengahan pihak keamanan, Panglima memastikan bahwa apapun yang akan terjadi, pihak keamanan dapat mengantisipasi.

"Kita mengantisipasi semuanya tapi ini tidak terlihat. Ini terdeteksi, buktinya sejak malam natal bersama-sama dengan Kapolri keliling ke gereja-gereja, informasi ini sudah ada," katanya.

Karena itu, Panglima tidak ingin berkomentar mengenai motif dan tujuan teror ini. Dia memastikan ini menjadi tugas Kepolisian dan TNI akan membatu mengungkap dan melakukan pengamanan. Panglima kembali memastikan Jakarta saat ini dalam kondisi aman. "Karena saya membantu Kepolisian. Itu saja."

Kapolres Tangsel: Terduga Teroris Buron 3 Bulan

(mus)

ilustrasi pengeledahan.

Negara Dituding Ciptakan Sendiri Terorisme

Negara tidak hanya melakukan penindakan, tapi juga pembibitan.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2016