Pengamat: Jaksa Agung Harus Orang Karier

Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
- Direktur Eksekutif The Political Literacy Intitute, Gun Gun Heryanto, mengatakan, posisi HM Prasetyo sebagai Jaksa Agung RI layak dipertimbangkan untuk diganti.

Kejagung Janji Usut Pelanggaran HAM di Masa Lalu
"Jaksa Agung bisa dipertimbangkan untuk di-reshuffle," ujar Gun Gun, Kamis, 14 Januari 2016.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN
Gun Gun menilai, kinerja Jaksa Agung kurang menunjukan performa baik. "Selama ini tidak perform," kata Gun Gun.

Menurut Gun Gun, permasalahan utama Jaksa Agung saat ini ialah aspek politik, karena dia didukung oleh salah satu partai pengusung pemerintah.

"Jadi, Jaksa Agung itu menurut saya dari orang karier atau orang yang pernah berkarier di kejaksaan. Punya kapabilitas, kapasitas untuk jadi Jaksa Agung, bukan karena diusung oleh partai politik," tuturnya.

Hal senada juga diutarakan pakar komunikasi politik Universitas Bengkulu, Dr. Lely Arrianie Napitupulu. Menurutnya, posisi Jaksa Agung yang diusung partai Nasional Demokrat (Nasdem) bisa dipertimbangkan kembali, agar segala permasalahan yang menyangkut suatu partai tidak terasa berat sebelah dalam penyelesaiannya.

"Saya pikir, dari semua hal itu Jaksa Agung itu sudah banyak yang mengatakan layak di-reshuffle. Tidak apa-apa reshuffle dilakukan tiap tahun juga, kan dalam satu tahun itu bisa dilihat kinerjanya seperti apa," ucap Lely yang juga Kepala Program Magister di Universitas Jayabaya itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya