RS Indonesia di Bagian Tepi Barat Gaza Segera Dibangun

Bali Process akan diketuai bersama antara Indonesia dan Australia
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Linda Hasibuan

VIVA.co.id - Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina menapaki sejarah baru. Sebab, belum lama ini telah berdiri Rumah Sakit Indonesia yang dibangun di Gaza.

Rumah sakit yang dibangun di atas lahan 1,6 hektare ini merupakan sumbangan yang murni dari rakyat Indonesia tanpa bantuan asing. Tentunya, hadirnya rumah sakit ini dapat menjadi tolak ukur akan penegakan keadilan dan kemanusiaan di dunia.

"Ini merupakan rasa cinta kasih rakyat Indonesia kepada Palestina. Ke depannya kami akan mengembangkan rumah sakit ini di tepi barat untuk pusat bantuan rakyat Gaza," ujar Pendiri Organisasi Kemanusiaan Mer-C, Joserizal Jurnalis, saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Januari 2016.

Menurutnya, langkah itu merupakan sebuah komitmen yang kuat dari rakyat Indonesia kepada Palestina dan Gaza khususnya. Untuk itulah, perjuangan  harus tetap berlangsung dan didukung sepenuhnya dari masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kendati demikian, dengan dibangunnya rumah sakit di Gaza ini perlu adanya dukungan dari berbagai aspek dan program berkesinambungan. Beberapa keperluan tersebut, seperti keahlian dari para relawan, manajemen rumah sakit, dan sebagainya yang nantinya akan lebih bermanfaat bagi rakyat Gaza.

Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India

Menlu Sambut Positif

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyambut positif pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RS Indonesia) untuk warga Palestina. Tidak hanya itu, pemerintah dari semua aspek juga mendukung dan siap membantu bila dibutuhkan bantuan apapun.

"Sejalan dengan Pak Wapres, saya yakin pemerintah sangat mengapresiasi untuk gerakan hati yang dilakukan masyarakat Indonesia. Untuk itu, saya sangat bangga atas hal ini," ujar Retno di tempat yang sama.

Retno menuturkan, setidaknya ada dua hal yang terwujud dengan dibangunnya RS Indonesia untuk Gaza. Pertama, hadirnya rumah sakit itu sangat bermanfaat untuk masyarakat di sana. Kemudian kedua, menjadi jembatan untuk mempersatukan rakyat Indonesia dan Palestina.

Dalam acara peresmian RS Indonesia secara simbolis tersebut, Menteri Kesehatan Palestina tampak hadir.

Seruan Netizen kepada Google: Kembalikan Palestina!

(mus)

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

Politikus PKS: Google Ingin Kaburkan Teritori Palestina

Dia menduga penghapusan Palestina di Google Maps adalah ulah Israel.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016