Kronologi 14 Tahanan Lapas Abepura Kabur

Tahanan Polsek Cempaka Putih Yang Berhasil Ditangkap Kembali
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Setelah menodong petugas penjagaan, 14 orang tahanan melarikan diri dari Lapas Abepura Papua, Jumat, 8 Januari 2016, sekitar pukul 11.30 WIT. Sebagian besar para tahanan yang kabur terlibat dalam kasus makar dan penyerangan terhadap Polisi serta TNI di wilayah Pegunungan Papua.

Kepala Lapas Abepura, Bagus Kurniawan, mengungkapkan kronologinya. Menurut Bagus, peristiwa terjadi saat jam besuk atau waktu kunjungan keluarga sedang berlangsung.

Dua Tahanan Lapas Abepura yang Kabur Dibekuk

"Ada enam petugas yang berjaga, dua pria dan empat wanita," tutur Bagus.

Kemudian, ada tiga tahanan mendatangi ruang pembinaan. Mereka berpura-pura hendak mengurus surat persyaratan pembebasan. Namun, tiba-tiba dua tahanan berteriak di meja penjagaan sambil memukul-mukul meja.

Saat mereka teriak itu, belasan tahanan lainnya menuju pos penjagaan lalu menyerang petugas secara sporadis dengan parang. Oleh karena jumlah yang tak seimbang antara tahanan yang kabur dengan petugas membuat mereka sangat leluasa.

"Dari 14 tahanan yang kabur, ada yang bernama Kartu Kuning terlibat dalam kasus penyerangan Polsek Pirime, ada Rambo Telenggen penjual amunisi kepada kelompok sipil bersenjata di wilayah Pegunungan Papua," tuturnya.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Patrige Renwarin menegaskan bahwa kepolisian bersama petugas Lapas dan dibantu TNI sedang melakukan pengejaran.

"Yang lebih utama kami awasi perbatasan RI-PNG, karena kemungkinan besar mereka kabur arah ke sana," katanya.

Ini Ancaman Keras Kapolda Papua Buat 13 Tahanan Kabur
Dua napi lapas Paledang, Bogor yang melarikan diri berhasil ditangkap

Dua Napi Kabur dari Lapas Paledang Bogor Ditangkap

Dua dari 7 napi ditangkap Senin pagi tadi.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016