Sambut Gerhana Matahari Langka, Poso Gelar Festival

Ilustrasi: Pemantauan Gerhana Matahari
Sumber :
  • ANTARA/Noveradika

VIVA.co.id - Fenomena gerhana Matahari total diprediksi terjadi pada 9 Maret 2016. Sejumlah wilayah Indonesia akan bisa menikmati fenomena alam setiap 300 tahun sekali tersebut.

Di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, bahkan demi menyambut fenomena langka tersebut akan digelar sebuah agenda besar yang diberi nama festival Kawaniya.

Diprediksi sebanyak 5.000 wisatawan akan ikut hadir dalam kegiatan ini.

Rayakan GMT, Wali Kota Jambi Salat Gerhana

"Kami sudah persiapkan mulai dari penginapan dan juga hotel, baik di Tentena maupun di wilayah Poso Kota. Semuanya akan disiapkan untuk wisatawan luar negeri yang datang untuk menyaksikan fenomena alam, yang hanya terjadi sekali dalam 300 tahun," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, Putera Botilangi, Kamis 7 Januari 2016.

Fenomena gerhana Matahari total diperkirakan berlangsung selama dua menit 40 detik. Di Sulawesi Tengah, kejadian langka ini dapat diamati langsung dari Kota Palu, Kabupaten Banggai dan Kabupaten Poso.

Terkhusus di Poso, para wisatawan yang hendak menyaksikan fenomena ini akan lebih leluasa di Desa Kalora dan Desa Kawende, Kecamatan Poso Pesisir Utara. Pemerintah setempat sudah mempersiapkan penginapan di dua lokasi tersebut.

Mitha Meinansi/Poso

Festival GMT di Poso Jadi Ajang Pemulihan Pariwisata
 Detik-detik gerhana matahari total di atas perairan Belitung, Rabu 9 maret 2016.

Euforia Gerhana Matahari Total

GMT diperkirakan terjadi lagi pada 2023 dan 2042.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2016