NASIONAL

Indonesia Luncurkan Roket di Garut Pagi Ini

Segera Meluncur Rudal Versi Indonesia

Rudal militer itu sudah diteliti sejak 2007 oleh Departemen Pertahanan dan Lapan.

ddd
Kamis, 2 Juli 2009, 12:39
 
  (bbc)

VIVAnews - Setelah berhasil meluncurkan roket jenis RX-420, pagi tadi, Kamis 2 Juli 2009, di Garut Jawa Barat, diharapkan mampu menjadi roket pendorong bagi kemajuan industri pertahanan Indonesia, yang sebentar lagi akan memiliki rudal atau peluru kendali buatan dalam negeri.

Rudal atau peluru kendali yang dirancang khusus bagi dunia militer Indonesia itu, sudah dilakukan riset dan penelitian sejak tahun 2007 oleh Departemen Pertahanan, yang tentunya bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kedua Insitusi tersebut hingga kini masih melakukan pengembangan roket kaliber 70 milimeter sebagai roket militer yang dilengkapi hulu ledak.

Departemen juga bekerjasama dengan PT Pindad, pabrik senjata dalam negeri, melakukan penelitian hulu ledak kaliber 122 milimeter. Roket yang sedang dikembangkan, adalah roket dari tanah ke tanah (ground to ground) maupun dari udara ke tanah (air to ground).

"Departemen juga  melakukan penelitian tentang penguatan materi energi yang bersifat eksplosif dan protelan," kata Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, beberapa waktu lalu.

Penelusuran VIVAnews, ide produksi rudal dalam negeri mulai tercetus tahun 2005. Dana sebesar Rp 2,5 miliar digelontorkan untuk proyek pembuatan rudal pada tahun itu.

Ide pembuatan rudal dalam negeri bermula dari lumpuhnya persenjataan Indonesia saat Amerika Serikat memberlakukan embargo senjata pasca tragedi Santa Cruz, Timor Leste tahun 1992. Maklum, mayoritas persenjataan milik Indonesia diimpor dari negara lain.

Jangankan mempertahankan diri, embargo membuat  TNI konon tak bisa beraksi dari udara ketika bencana tsunami terjadi. Sebab, Hercules C-130 banyak yang rusak. Spare-part tak ada karena embargo.

Meski embargo telah dicabut, kesadaran untuk memiliki kemandirian persenjataan dan mengurangi ketergantungan terhadap bangsa lain, menguat.

Industri roket bukan barang baru bagi Indonesia. Lapan pertama kali berhasil meluncurkan roket pada 14 Agustus 1964, pada masa kepemimpinan Soekarno. Roket pertama itu dinamai Kartika.

Roket yang baru saja diluncur adalah kali ketiga, dimana sebelumnya diluncurkan tahun 2007 sebanyak 12 roket dengan jenis tipe RX-70 FFAR yang berdaya jangkau 50-75 km di Garut, Jawa Barat.

amril.78@vivanews.com



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Manuel donn
28/08/2010
Ayo maju ganyang malaysia .... buat roket yang sampai menjangkau malaysia ... Terus maju Indonesia GBU
Balas   • Laporkan
kendalisodho
29/05/2010
ini rudal indonesia atau korea ya...depan rudal ada kata sim ha myon uri nen ooooo...kerja sama kali...
Balas   • Laporkan
Satenkospat
03/07/2009
Terus Semangat...!!! Sudah Saatnya Kita Bangkit...!!! MERDEKA...!!!
Balas   • Laporkan
Muhammad MUKHLIS
02/07/2009
Indonesia HARUS KUAT. Terus tingkatkan jarak jelajahnya, sampai menjangkau kekuatan barat dan timur. Bangkitlah Bangsaku. INDONESIA
Balas   • Laporkan
asya
02/07/2009
terus maju indonesiaku
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com