Malam Tahun Baru, Dua Jalan Utama di Bandung Ditutup

Ribuan Payung Hiasi Jalan Otista Bandung
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVA.co.id - Sejumlah jalan utama di Kota Bandung akan ditutup jelang perayaan pergantian tahun. Di antaranya Jalan Merdeka dan Jalan Asia-Afrika karena di kedua ruas jalan tersebut, rencananya akan dilaksanakan car free night (CFN).

Kedua ruas jalan utama itu memang saling terhubung dan diperkirakan akan terjadi konsentrasi massa. Terutama Jalan Asia-Afrika yang merupakan salah satu akses utama ke kawasan Alun-Alun Bandung yang biasanya kerap jadi salah satu titik utama peryaan Tahun Baru di Bandung.

Wakasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Santiadjie mengatakan kedua ruas jalan itu akan ditutup Kamis 31 Desember 2015, mulai pukul 18.00 WIB.

Ini Daftar Resolusi 2016 Terpopuler Pengguna Twitter RI

"Akan dibuka lagi setelah pergantian tahun," jelasnya.

Adjie memastikan penutupan jalan hanya akan dilakukan di kedua ruas jalan tersebut. Sementara jalan utama lainnya seperti Jalan Ir.H Djuanda (Dago) dan lainnya tetap normal.

"Jalan Dago dan lainnya tetap normal. Tapi kami tidak memberikan izin kepada pihak-pihak yang ingin mendirikan panggung di jalan tersebut (Dago), karena dari pengalaman sebelumnya kerap menimbulkan kemacetan," ucapnya.

Namun di beberapa titik akan dilakukan rekayasa seperti di perempatan Pasar Simpang Dago yang mana arus kendaraan dari arah Babakan Siliwangi tidak bisa langsung lurus ke Jalan Dipati Ukur dan harus memutar arah.

Polrestabes Bandung akan menerjunkan sebanyak 1.749 personel untuk memastikan keamanan pada malam pergantian tahun baru. Selain kawasan Alun-Alun Bandung dan Gedung Sate, konsentrasi massa pada malam pergantian tahun ini diprediksi juga akan terjadi di kawasan Lapangan Tegalega.

Sementara kepadatan kendaraan diprediksi akan terjadi di sepanjang Jalan Pasteur menuju kawasan Gasibu, dan arah Bandung menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang biasanya kerap jadi pilihan warga Bandung maupun wisatawan luar kota untuk menikmati malam peryaan tahun baru.

Selain acara CFN di sepanjang Jalan Asia Afrika, perayaan malam tahun baru di Bandung, juga akan dimeriahkan oleh pagelaran wayang golek di kawasan Gedung Sate.

Gelar Open House, Menteri Jonan Bernyanyi Diapit Biduan
Macet di jalan tol

Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru

Jumlah kendaraan di Jakarta saja sekitar 15 juta unit.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2016