Menag: Cara Pandang Agama Berbeda Rentan Picu Konflik

Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Garuda ke Jemaah Haji: Jangan Asal Terima Titipan Barang
- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menekankan bagaimana kerukunan antar umat beragama harus senantiasa dijaga. Mengingat lndonesia mempunyai umat beragama yang sangat beragam.

Komisi VIII Bentuk Panitia Kerja Ibadah Haji 2016
"Kerukunan antar umat, harus senantiasa diupayakan untuk dijaga dipelihara dan dirawat," kata Lukman pada sambutannya dalam acara anugerah kerukunan umat beragama di Kantor Kementerian Agama, Rabu, 30 Desember 2015.

Injak 70 Tahun, Kemenag Gelar Dzikir Akbar
Lukman menyebut kerukunan beragama merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga karena kerukunan tidak begitu saja terjadi. Dia menyadari masih ada pihak-pihak yang mempunyai cara pandang bagaimana keberagaman itu harus diseragamkan. Menurut dia, hal tersebut rentan menjadi pemicu terjadinya konflik.

Lukman mengingatkan agar semua pihak menggunakan agama sebagai dasar untuk menjaga perilaku terhadap orang lain, bukan sebaliknya. "Bukan untuk menilai orang lain terhadap kita. Kalau itu terjadi, saya khawatir awal konflik," kata Lukman.

"Pengalaman membuktikan, tidak hanya menguras sumber daya, tapi tingkat desktruktifnya yang cukup luar biasa, bisa bertahun-tahun, bisa diturunkan generasi ke generasi,"ujar dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya