Libur Tahun Baru, Rest Area akan Ditutup Bila Tol Macet 5 KM

Antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama.
Sumber :
  • @TMCPoldaMetro
VIVA.co.id
Besok, Polisi Berlakukan Lawan Arus di Tol Cikampek
- Saat libur panjang tahun baru 2016, arus balik yang diperkirakan jatuh pada tanggal 2 hingga 3 Januari 2016. PT Jasamarga akan memberlakukan sistem buka tutup di rest area atau tempat istirahat (TI) jalan tol jika terjadi kemacetan lebih dari 5 kilometer.

Didominasi Kendaraan Pribadi, Tol Jakarta-Cikampek Padat

Tapi, menurut Direktur Utama PT Jasamarga, Aditya Warman, pemberlakuan tersebut hanya bersifat kondisional. Sehingga diharapkan bisa mengurai kemacetan di titik-titik macet terutama di pintu gerbang tol.  
Menghindari 'Jebakan' Macet Libur Panjang

"Jadi setiap ada kemacetan lebih dari 5 KM, maka rest area atau TI, akan kita tutup sementara," katanya di kantor Pusat Jasamarga, Rabu 30 Desember 2015.

Aditya menambahkan, belum dapat menetapkan durasi penutupan tempat peristirahatan di jalan tol itu karena bersifat kondisional.  Lama atau tidaknya penutupan rest area tersebut akan ditentukan oleh kondisi yang terjadi di lapangan.

"Kami tidak mematok berapa lama akan tutup, tergantung kondisi saja, jika kondisinya sudah normal dibuka lagi," katanya. 

Selain itu, Aditya juga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar menyiapkan dengan matang apa yang akan dibutuhkan selama perjalanan. Seperti makanan hingga bahan bakar.

"Oleh karenanya pengguna harus menyiapkan semuanya sebelum masuk tol, seperti kebutuhan bensin, makanan dan yang lainnya," katanya.  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya