Tahun Baru, 800 Brimob dan Metal Detector Disiagakan di Kuta

Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kepolisian bersenjata disiagakan di Kuta, Bali, dan monumen bom Bali, Ground Zero. Hal itu lantaran Kuta dan Ground Zero masuk zona ring I pengamanan kepolisian. Demikian disampaikan oleh Kapolsek Kuta, Komisaris I Wayan Sumara.

Pada malam pergantian tahun, ia melanjutkan, ada ratusan personel kepolisian yang diturunkan untuk mengamankan Kuta dan Ground Zero.

Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru

"800 personel akan dilibatkan gabungan dari Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polsek Kuta," kata Sumara di Kuta, Selasa 29 Desember 2015.

Ia menyebut Kuta dan Ground Zero akan ditutup dari sore hari pada 31 Desember 2015 hingga pagi hari, 1 Januari 2016.

"Kuta dan Ground Zero akan jadi lautan manusia untuk menikmati pergantian malam tahun baru," ucapnya.

Tahun Baru Hampir 400 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikampek

Untuk memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang ingin merayakan pergantian detik tahun baru di Kuta dan Ground Zero, Sumara menyebut tiap 10 meter akan ditempatkan personel kepolisian.

"Tiap 10 meter ada polisi. Masing-masing titik ada sekitar dua sampai tiga polisi," ucapnya.

Penempatan personel kepolisian yang ketat itu berdasarkan peta kerawanan. Untuk zona yang dianggap tak terlalu rawan polisi akan ditempatkan dengan jarak tiap 20 meter.

100 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta Malam Ini

"Ground Zero dan Pantai Kuta tiap 10 meter ada polisi. Ground Zero dan Pantai Kuta ring I. Jarak antarpolisi makin dekat," jelas Sumara.

Sementara itu, Brimob bersenjata lengkap juga akan dilibatkan pada perayaan pergantian tahun.

"Brimob dan Dalmas dipersenjatai lengkap. Kami antisipasi jambret, copet, perkelahian antarkelompok. Mungkin yang paling penting adalah teroris," tegas dia.

Untuk mengantisipasi aksi teror, Sumara mengatakan, polisi bersama jajaran TNI dan desa adat telah melakukan berbagai macam hal.

"Antisipasi teror kita gelar operasi di tempat rawan dan tempat hiburan. Bersama desa adat dan TNI operasi gabungan dilakukan mulai patroli, operasi. Siapa yang memiliki tempat kos-kosan harus care siapa yang tinggal di kos itu," katanya.

"Di Jalan Dewi Sri akan ditaruh metal detector. Kita ingin menyampaikan jika Bali betul-betul siap mengamankan malam tahun baru. Sejauh ini tidak ada ancaman teror," ujar Sumara. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya