Jokowi: KPK Harus Bebas dari Pengaruh Politik

pelantikan pimpinan kpk
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sadar, kekuatan politik kerap mengintervensi pekerjaan pemberantasan korupsi termasuk yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Untuk itu, Jokowi meminta, agar kepentingan politik tak mencampuri urusan pemberantasan korupsi. KPK juga harus bisa mempertahankan independensinya. "KPK harus dijaga sebagai lembaga yang independen yang bebas dari pengaruh-pengaruh kekuatan politik," kata Presiden Jokowi saat meresmikan gedung KPK di Jakarta, Selasa, 29 Desember 2015.

Hari ini, Presiden Jokowi meresmikan gedung baru KPK yang disebut sebagai gedung "Dwiwarna". Gedung itu diresmikan bersamaan dengan peringatan 12 tahun upaya pemberantasan korupsi pascareformasi.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Ketua KPK, Agus Rahardjo berharap, pembangunan gedung baru ini menjadi simbol bahwa pemberantasan korupsi akan tetap tegak. "Hari ini tepat 12 Tahun KPK berdiri semoga bisa kita maknai sebagai pencetus semangat untuk terus bekerja keras, meningkatkan kebersamaan demi terwujudnya Indonesia yang bebas dari korupsi," ujarnya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga meminta agar internal KPK tetap bekerja secara profesional, kredibel dan akuntabel. Internal KPK juga diminta tetap transparan agar terhindar dari potensi intervensi dari luar. Dia juga berharap pembangunan gedung baru ini akan memberikan semangat baru pemberantasan korupsi di Tanah Air.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

"Saya harap momentum ini akan bisa membawa semangat baru momentum pemberantasan korupsi di Tanah Air. Semangat baru yang tidak pernah padam. Semangat baru inilah yang bisa menggerakkan kita semua untuk melawan korupsi."

(mus)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024