Terungkap Maksud Presiden Italia ke Istiqlal & Katedral

Jokowi dan presiden Italia
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Presiden Italia, Sergio Mattarella, pada bulan November 2015 lalu menyambangi Indonesia dalam rangka memperkuat kerjasama bilateral antar negara, terutama di sektor ekonomi. Mulai dari peningkatan kerjasama di bidang perdagangan, sektor pariwisata, sektor energi, sampai dengan ekspansi di bidang otomotif.

Apakah Presiden Negeri Pizza itu hanya berkunjung untuk meningkatkan kerja sama bilateral antar negara? Terungkap, di sela-sela pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo, Mattarella sempat mengunjungi dua tempat ibadah berada di lokasi yang tidak berjauhan yakni Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Apa yang ia lakukan di kedua tempat tersebut?

"Beliau singgah di Katedral dan Istiqlal. Ketika kami tanya mengenai tujuan ke sini, beliau mengatakan bahwa ingin belajar hidup berdampingan, seperti yang terjadi di Indoneisa," kata Uskup Agung Jakarta, Ignasius Suharyo, di Gereja Katedral Jakarta, Jum'at 25 Desember 2015.

Berdasarkan cerita Mattarella, Ignasius menjelaskan, negara-negara di belahan Eropa, termasuk Italia dalam beberapa tahun terakhir memang kebanjiran pengungsi dari belahan negara dunia seperti, Afrika dan Timur Tengah. Namun, sampai saat ini, masih timbul adanya kesenjangan sosial.

"Ada pengungsi, imigran, dari Timur Tengah dan Afrika. Mereka tidak pernah alami hidup yang berdampingan, karena kebudayaan yang berbeda. Hal yang sama ditunjukkan oleh warga asli. Mereka jadi cemas," kata dia.

Mattarella, lanjut Ignasius, juga mengatakan bahwa Indonesia mampu dijadikan contoh konkrit untuk menerapkan kebijakan antar budaya, yang bisa hidup secara berdampingan. Meskipun memiliki segala kekurangan, setidaknya ada yang perspektif positif dari negara luar terhadap Indonesia.

"Beliau mengatakan, Indonesia contoh yang sangat baik. Bagus dalam hidup berdampingan, dengan segala macam kekurangan yang ada," katanya.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024