Jemaat Gereja Katedral Boleh Parkir di Masjid Istiqlal

Gereja Katedral Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah
VIVA.co.id
Kukuhkan Pengurus BKM, Menag: Jaga Masjid dari Politisasi
- Toleransi umat beragama sungguh sangat terasa di Jakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan misa malam Natal dan misa Natal di Gereja Katedral yang juga didukung oleh pengelola Masjid Istiqlal yang berlokasi tepat di depan gereja. 

Soal Terowongan Silaturahmi, Ma'ruf Amin: Jadi Lambang Kerukunan
Juru bicara kepanitiaan perayaan natal Gereja Katedral, Erik Muliawan, mengatakan bentuk dukungan yang diberikan pengelola Masjid Istiqlal adalah menyediakan lapangan parkir. 

Aa Gym Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal
"Dalam perayaan besar ini, umat butuh lahan yang besar untuk parkir. Kami sudah mohon izin menggunakan lahan di Istiqlal untuk parkir. Istiqlal sudah memperbolehkan parkir kendaraan umat Katedral di Masjid Istiqlal," kata Erik di Gereja Katedral, Jalan Katedral, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Desember 2015.

Menurut Erik, kerja sama antara Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal sudah terjalin sejak lama. Jadi ini bukanlah hal yang baru. Pasalnya, kedua pengelola rumah ibadah tersebut sering saling membantu ketika ada perayaan besar. 

"Ini sudah berjalan dari tahun ke tahun, jadi bukan hanya kali ini saja. Secara letak geografis juga kami kan berseberangan. Koordinasi dan komunikasi kami dengan pengelola Masjid Istiqlal berjalan sangat baik," ujar Erik. 

Rahman, salah seorang juru parkir yang bertugas di Masjid Istiqlal, mengatakan sejak tadi sore, telah banyak mobil maupun motor jemaat Gereja Katedral yang masuk area parkir Masjid Istiqlal.

"Iya memang diperbolehkan (parkir di Istiqlal). Dari tadi seratus mobil sih kayaknya lebih," ujar Rahman.

Tak hanya di Masjid Istiqlal, pengelola Gereja Katedral juga menyediakan tempat-tempat lain untuk dijadikan lahan parkir. Seperti di Markas Angkatan Darat, Kantor Pos Besar, dan SMA Santa Ursula. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya