Kisah Ibu di NTT Melahirkan di Atas Truk TNI

Anggota TNI AD menolong seorang ibu lahiran di truk TNI
Sumber :
  • tvOne/Judith Lorenzo Taolin

VIVA.co.id - Elisabeth, ibu asal Oepoli, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, akhirnya melahirkan anak keempatnya di atas truk milik TNI yang biasa mengangkut logistik dan prajurit perbatasan. Elisabeth melahirkan di atas truk saat dalam perjalanan dari Oepoli menuju RSUD Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

Anggota Satgas Yonarmed 11/Kostrad yang juga bertugas sebagai sopir truk TNI dari Pos Oepoli, Kopda Aprianto, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon Selasa malam, 22 Desember 2015, membenarkan peristiwa ini.

Kopda Aprianto menuturkan, kejadian itu bermula ketika suami Elisabeth pada Senin petang, mendatangi Pos Oepoli meminta bantuan kendaraan untuk membawa istrinya ke RSUD Kefamenanu. Menurut suami, istrinya akan melahirkan beberapa jam ke depan, sebab tanda-tanda persalinan sudah tampak.

"Mereka meminta bantuan kepada kami karena mobil ambulans di Puskesmas Oepoli berada di Kupang mengangkut obat-obatan dan peralatan medis," kata Kopda Aprianto.

Kebetulan, kata dia, TNI yang berjaga di Pos Oepoli mempunyai truk yang biasa digunakan mengangkut logistik dan pasukan di perbatasan. Dia mengakui jalan menuju RSUD Kafamenanu sangat sulit, sebab harus melewati jalanan terjal dan licin di musim hujan ini.

"Intinya, kami membantu mengantar Ibu Elisabet didampingi keluarga dan bidan Inggrid dari Oepoli menuju Kefamenanu," ujar Kopda Aprianto.

Setelah delapan jam melewati perjalanan panjang dengan kondisi jalan yang sangat sulit, akhirnya Elisabeth terpaksa harus melahirkan di atas truk sebelum tiba di RSUD Kefamenanu. Elisabeth melahirkan di saat truk memasuki Desa Naikake B.

"Kami pun berhenti di satu sungai di Aplal dalam suasana sepi dan gelap memasuki jam malam," katanya.

Azerbaijan Tuding Armenia Memulai Perang

Enam anggota Armed yang ikut menemani sempat tak tahu apa yang harus diperbuat. Meski ada tim medis dari Puskesmas Oepoli, dengan serba keterbatasan enam anggota Armed turut membantu proses persalinan.

Menurut Aprianto, proses persalinan Elisabeth berjalan baik dan lancar. Setelah Elisabeth itu, anggota TNI langsung membawanya menuju Puskesmas di Aplal agar ibu dan bayinya mendapat perawatan intensif.

"Kondisi ibu dan anak sehat dan masih dirawat di Puskesmas Aplal. Sementara kami baru pulang ke Oepoli Rabu pagi, karena menunggu kiriman bahan bakar dari Kotis Yonarmed 11/Kostrad yang bermarkas di Kefamenanu."

Papua Nugini Berharap Masalah Perbatasan Segera Selesai

Judith Lorenzo Taolin

Ilustrasi prajurit TNI

KSAD Luncurkan Buku Pengabdian Prajurit Kartika

Diharapkan pengabdian TNI AD sebagai tentara rakyat dipahami publik

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016