Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Basaria Panjaitan merupakan polisi wanita pertama yang berhasil menjabat sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ia lolos dengan klasifikasi kompetensi di bidang penindakan, bersama dengan Alexander Marwata, hakim Ad Hoc Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta.

Wanita kelahiran Pematangsiantar 57 tahun silam ini diketahui berpengalaman di bidang reserse, yakni sebagai penyidik utama di Bareskrim Polri, Dir Reskrim Polda Kepri dan Kasat Narkoba Polda NTB.

Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek

Selain itu, Sarjana Hukum lulusan Sepamilsukwan Polri I Tahun Angkatan 1983/1984 ini juga pernah bertugas sebagai Kapusprovos Divpropam Polri tahun 2009 dan Karo Bekum SDelog Polri tahun 2010.

Kariernya semakin menanjak ketika dipromosikan sebagai perwira tinggi Polri dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi. Sebelum menjadi pimpinan KPK, Basariah bertugas sebagai Widyaiswara Sespimti Polri Lemdikpol.

Pensiun sebelum dilantik

Basaria diketahui telah resmi mengundurkan diri dari jabatannya di Polri tak lama sebelum ia dilantik sebagai pimpinan KPK.

"Pensiun Bu Basaria sudah turun tanggal 18 Desember 2015. Jadi, dengan sendirinya Bu Basaria sudah tidak aktif lagi di Polri, statusnya sudah pensiun," kata Kepala Biro Pembinaan Karier Polri Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Difiri, Selasa, 22 Desember 2015.

Kini, kiprah Basaria menjadi sorotan sekaligus penantian publik. Sebagai figur perempuan pertama di KPK, ia membawa warna baru sekaligus harapan baru bagi komisi antirasuah tersebut. (ase)

Pimpin KPK, Irjen Basaria Akui Bawa Misi Polri
pelantikan pimpinan kpk

PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya

Makanya PDIP memilih mereka.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015