Kapolri Ingin Basaria di KPK Tangani Bidang Penyidikan

Basaria Panjaitan dan Surya Tjandra di Uji Makalah Capim KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Lima nama pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 telah disahkan DPR RI. Mereka adalah Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang, dan juga Laode Mohammad Sarif.

Komisi III Nilai Deponering Kasus AS dan BW Tidak Perlu

Terkait dengan ini, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti berharap seluruh pimpinan KPK bekerja sesuai kompetensinya. Seperti Irjen (Pol) Basaria Panjaitan misalnya, yang saat ini masih sebagai polisi aktif, dapat ditempatkan dalam bidang penyidikan.

"Dasarnya Bu Basaria punya kompetensi di bidang penyidikan. Tentu harapan kami bisa ditempatkan yang berkaitan dengan itu," ujar Badrodin, di Istana Bogor, Jumat 18 Desember 2015.

Meski begitu, Polri tidak bisa mencampuri urusan internal dari KPK. Namun, Badrodin berharap ada koordinasi yang baik. Apalagi, ada unsur polisi di dalam komisioner saat ini.

"Mudah-mudahan KPK bisa lebih baik, bisa berkoordinasi secara sinergis dalam pemberantasan korupsi," katanya.

Khusus Basaria, Badrodin menyebut akan memasuki masa pensiun dalam dua bulan ke depan. Namun, kalau sebelum itu sudah dilantik, otomatis Basaria tidak di Kepolisian lagi, karena tidak boleh rangkap jabatan.

"Dengan terpilihnya Basaria, saya berharap bahwa beliau kan punya pengalaman di bidang penyidikan. Oleh karena itu, kami berharap ini menjadi semangat untuk bisa memacu kinerja lebih baik," katanya.

Gedung KPK.

Tolak Revisi UU KPK, Gerindra Nyatakan Bukan Cari Muka

Seandainya sebagai partai penguasa sekali pun, bakal tolak revisi itu

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016