Menteri Sudirman Said Lapor Gratifikasi Berlian Rp4 Miliar

Menteri ESDM Sudirman Said
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah
VIVA.co.id
Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto
- Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, disebut pernah menerima gratifikasi berupa berlian. Nilai berlian tersebut mencapai Rp4 miliar.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Namun, berlian tersebut kini telah dilaporkan ke Direktorat Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi. Laporan Sudirman tersebut kini menjadi rekor gratifikasi yang pernah dilaporkan ke KPK.
KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim


"Rekor gratifikasi hampir Rp4 miliar berbentuk berlian. Sudirman Said yang lapor," kata Direktur Gratifikasi KPK, Giri Suprapdiono, dalam pesan singkat saat dikonfirmasi, Kamis 10 Desember 2015.


Giri menyebut berlian itu dilaporkan oleh Sudirman pada sekitar bulan November, sebelum sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait perkara dugaan pelanggaran etik Ketua DPR, Setya Novanto, mulai digelar.


Giri menyebut berlian tersebut kini termasuk di antara barang-barang gratifikasi yang dipajang dalam pameran Festival Antikorupsi yang diselenggarakan KPK di Bandung, Jawa Barat, 10-11 Desember 2015. Berlian tersebut dipajang bersama dengan gitar bass Band Metallica yang diberikan kepada Presiden Joko Widodo. Namun, berlian tersebut dipajang hanya berupa fotonya saja.


Saat disinggung mengenai pihak pemberi berlian kepada Sudirman, Giri mengaku hal tersebut belum bisa diungkapkan. "Belum bisa dirilis," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya