Pilkada Serentak 2015

Jalan Kaki 8 Jam, Logistik Pemilu Diantar Pakai 'Kijang'

Logistik surat suara pilkada
Sumber :
  • ANTARA/Destyan Sujarwoko
VIVA.co.id
Mendagri Tolak Jadi Ketua Pansel KPU
- Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bone Bolango Gorontalo menggunakan jasa tenaga Kijang untuk mendistribusikan kotak beserta surat suara di daerah pelosok.

Ketua KPU: Ahok Siap-siap Kena Sanksi Bawaslu

Akses medan yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki selama delapan jam tersebut, memang menyulitkan. Karena itu, tenaga Kijang menjadi penting dalam proses distribusi logistik pilkada serentak 2015.
Pencalonan Pilkada Segera Dimulai, 5 PKPU Belum Disahkan


"Beberapa desa banyak tersebar di kawasan hutan Taman nasional Bogani Nani Wartabone. Semuanya tidak bisa dilalui kendaraan, karena itu diantar pakai Kijang," kata anggota KPUD Bone Bolango, Idris Usuli, Senin 7 Desember 2015.


Kijang merupakan istilah warga setempat untuk para tukang pikul. Penggunaan Kijang, relatif efektif. Karena untuk menjangkau lebih dari 1.300 pemilih di kawasan hutan dengan jarak 30 kilometer, satu-satunya yang bisa dilakukan dengan berjalan kaki.


"Ada lima desa yang akan dibagikan kotak suara dan surat suara. Lima desa itu yakni Desa Bangio, Dataran Hijau, Pinogu, Pinogu Permai dan Tilonggibila," kata Idris. (ase)


Kadek Sugiarta/Gorontalo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya