Panglima TNI: Pembelian Heli AW101 Bukan Batal, Tapi Ditunda

Helikopter AgustaWestland (AW-101)
Sumber :
  • agustawestland.com
VIVA.co.id
Resep Panglima TNI untuk Raih Cita-cita Tinggi
- Rencana pembelian helikopter Agusta Westland AW-101 ā€Žbuatan Italia yang diajukan TNI AU ditolak oleh Presiden Joko Widodo.

Panglima TNI: Tantangan Terberat Indonesia Mulai Tahun 2043

Namun, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pembelian helikopter tersebut bukan dibatalkan, tapi ditunda. Ini karena adanya beberapa pilihan pembelian helikopter VVIP.
Panglima TNI: Indonesia Tempat Paling Nyaman bagi Teroris


"Jadi begini, bukan dibatalkan. Untuk heli ada beberapa alternatif. Ada Agusta dan ada juga Puma. Kemarin juga sudah kami paparkan kepada Presiden," ujar Gatot usai olahraga bersama di Kohanudnas Halim Perdana Kusuma, Jumat, 4 Desember 2015.


Baca juga:

Selain itu, Gatot juga mengungkapkan alasan lainnya mengapa pembelian heli tersebut ditunda. Salah satu karena situasi yang ada saat ini bukanlah kondisi yang pas untuk membeli heli dengan harga mahal.


"Presiden menyatakan menunda, karena ada kesannya pembelian heli itu mahal harganya, danĀ  mewah. Padahal dipakainya juga cuma untuk VVIP saja. Jadi untuk kondisi ekonomi yang seperti sekarang, rasanya tidak pas," kata Gatot.


Gatot juga mengatakan, TNI sepenuhnya patuh dan taat atas penolakan presiden untuk membeli heli tersebut. "Presiden memutuskan untuk menunda, jadi ya TNI ikut," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya