Istana Pantau Kesaksian Sudirman Said di MKD

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Politisi PKS Berharap 2016 DPR RI Tak Minim Prestasi
- Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan tertutup di saat Menteri ESDM Sudirman Said memberikan keterangan terbuka terkait skandal Freeport di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Rabu, 2 Desember 2015.

Setelah Setya Novanto Mundur dari Kursi Ketua DPR

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku langsung menghadap Presiden Jokowi yang baru mendarat pagi tadi di Tanah Air, setelah menghadiri Konferensi Internasional Perubahan Iklim di Paris, Perancis, sejak 29 November 2015 lalu.
Anggota MKD dari Golkar: Novanto Lakukan Pelanggaran Berat


Disinggung pertemuannya dengan Jokowi, Jusuf Kalla mengaku tidak khusus untuk menonton bareng dengan Jokowi terkait kesaksian Sudirman. Tapi JK turut menyaksikan kesaksian menterinya di MKD.


"Sedikit (nonton), awal-awalnya tadi kan ada tamu," kata Kalla, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu 2 Desember 2015.


JK mengaku hanya melaporkan situasi di dalam negeri selama Jokowi tidak di Indonesia. Itu lazim dilakukan, sekembalinya Presiden dari luar negeri.


Walau begitu, persoalan di MKD ini juga termasuk yang dibicarakan antara dirinya dengan Presiden Jokowi.


"Ya serba sedikit lah kita (pembahasan dengan Jokowi). Kan beliau tahu juga di DPR," katanya.


Sudirman Said memberikan kesaksiannya, sejak Rabu siang tadi. Atas persetujuan Sudirman, sidang MKD dilangsungkan secara terbuka untuk pertama kalinya.


Kasus mafia Freeport mencuat, setelah Sudirman menuding Ketua DPR Setya Novanto mencatut nama Presiden dan Wapres, untuk meminta saham PT Freeport Indonesia.


Pada 16 November, Sudirman akhirnya melaporkan itu ke MKD, disertai barang bukti rekaman percakapan Setya Novanto bersama Dirut PT Freeport Maroef Sjamsuddin dan seorang pengusaha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya