Hermanto: Generasi Muda Harus Belajar Sejarah

Anggota Fraksi PKS MPR RI Dr. Hermanto SE, MM
Sumber :
VIVA.co.id
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan
- Negara republik Indonesia yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 tidak datang secara tiba-tiba. Jauh hari sebelum hari kemerdekaan, berbagai kelompok masyarakat sudah melakukan berbagai perjuangan secara kedaerahan. Mereka berjuang secara sendiri-sendiri, dan bersifat kedaerahan, sehingga lebih gampang ditumpas oleh kolonialis Belanda.

Arzetti Bilbina: Biar Masyarakat Menilai Zaskia Gotik

Beberapa bukti adanya perjuangan yang bersifat kedaerahan itu adalah munculnya pahlawan kemerdekaan di berbagai daerah di Indonesia. Seperti Pangeran Diponegoro di Jawa Tengah, Cut Nyak Dien di Aceh, hingga Patimura di Maluku.
Zaskia Gotik Jadi 'Duta Pancasila,' Kok Bisa?


Pernyataan itu disampaikan Dr. Hermanto SE, MM anggota Fraksi PKS MPR RI. Ia menyatakan itu  saat menjadi narasumber pada acara Jambore Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Ke-2 di  Bumi Perkemahan Jatinangor, Bandung Jawa Barat  pada Jumat 27 November 2015. Sebanyak 250 peserta pikut dalam acara tersebut. Mereka adalah perwakilan dari Kwartir Cabang (Kwarcab)  Depok, Bogor dan Sukabumi,


Selain melahirkan banyak pahlawan, perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia kata Hermanto diliputi perjuangan yang bersifat lebih modern, berupa lahirnya berbagai organisasi dan pergerakan. Beberapa pergerakan itu adalah, Sarekat Islam pada 1905, Budi Utomo pada tahun 1908, hingga munculnya sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober.


Rentetan perjuangan tersebut menurut Hermanto patut diketahui generasi muda, khususnya anggota pramuka. Itu penting untuk menjadi pelajaran, bahwa Indonesia didirikan di atas perjuangan seluruh masyarakat.


"Perjuangan  itu juga penting untuk diketahui agar ditauladani, bahwa setiap cita-cita harus diperjuangkan dengan keras dan sungguh-sungguh", kata Hermanto menambahkan.


Dengan mengatahui  perjuangan dan pengorbanan para pejuang, diharapkan agar para pemuda, bisa lebih bijaksana. Dapat  menghargai jasa para pahlawan, dan turut menjaga kekayaan bangsa dan negara Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya