Gempa Pandeglang Terasa dari Jakarta Hingga Bandung

Jawa Barat
Sumber :
  • Repro - Google Map
VIVA.co.id
Kapal Pisang VI Ditemukan, 11 Awaknya Masih Hilang
- Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang tenggara Pandeglang, Banten, Sabtu malam, 28 Oktober 2015. Gempat dirasakan juga sebagaian besar warga di Jakarta malam ini.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, pihaknya saat ini masih melakukan analisa mengenai potensi gempa susulan.

Tewaskan 10 Orang di Cianjur, Supir Truk Jadi Tersangka
"Kami masih analisis dan akan dilaporkan BNPB," ujarnya, Sabtu malam, 28 November 2015. 

Menurutnya, gempa yang mengguncang Pandeglang terjadi pada pukul 21:47:19 WIB. Lokasi gempa sekitar 7,32 lintas selatan, 105,81 bujur timur. Gempa berada pada kedalam 77 km.

Gempat dirasakan sebagian warga Jakarta, Depok, Bekasi dan sekitar Pamulang, Tangerang Selatan.

"Di Jakarta (terasa) apalagi di gedung-gedung tinggi," tambahnya. 

Menurutnya, posko BNPB telah mengkonfirmasi ke beberapa daerah yang terdampak. Gempa juga terasa di Sukabumi, Bogor, Depok, Bandung, Serang dan Purwakarta. Intensitas gempa dirasakan tercatat III MMI di Pelabuhan Ratu, II-III MMI di Bandung dan II MMI di Jakarta.
 
"Masyarakat di daerah Pandeglang, Lebak, Sukabumi bagian selatan dan Cianjur merasakan guncangan keras selama 4-6 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Tidak ada potensi Tsunami," tambahnya.  

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa 5,6 SR tersebut. Masyarakat dihimbau untuk tenang. Tidak panik. Jika saat gempa merasakan guncangan keras segera keluar rumah atau berlindung pada tempat yang aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya